Langkah Mudah Mengatasi Bunga Pohon Terung yang Rontok

PertaniankuBunga pohon terung kemungkinan besar bisa mengalami kerontokan karena dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Kerontokan bunga pohon terung dapat menyebabkan tanaman tidak bisa menghasilkan buah sehingga hasil produksi akan menurun sekian persen.

bunga pohon terung
foto: Pertanianku

Jika tanaman terung mengalami kerontokan bunga, langkah yang perlu Anda lakukan adalah mengidentifikasi penyebab kerontokan. Faktor internal yang bisa menyebabkan bunga pohon terung rontok adalah tanaman mengalami kahat atau kekurangan unsur hara. Penyebab ini masih bisa diatasi oleh petani dengan memenuhi kebutuhan unsur hara yang kurang.

Pada dasarnya, tanaman terung membutuhkan unsur makro dan mikro seperti unsur nitrogen, kalsium, seng, kalium, dan magnesium. Kelima unsur tersebut sangat penting bagi tanaman untuk terus berkembang menghasilkan bunga dan buah. Jika kondisi tersebut terjadi pada tanaman Anda, berikan pupuk kalium pada saat tanam atau gunakan sebagai pupuk dasar dalam bentuk pupuk tunggal atau majemuk.

Selain kelima unsur tadi, tanaman juga membutuhkan air. Air merupakan pelarut bagi unsur hara agar mudah diedarkan ke seluruh bagian tanaman. Tanaman yang mengalami kekurangan air akan mengalami perlambatan dalam pertumbuhannya.

Keberadaan air menjadi cukup krusial karena penyerbukan tanaman juga bergantung pada ketersediaan air. Tanaman membutuhkan pengairan dengan interval yang teratur. Tetapkan jadwal penyiraman agar Anda tidak lupa untuk menyiramnya.

Tanaman yang mengalami kekurangan fitohormon sitokinin dan giberelin juga dapat menyebabkan bunga terung rontok. Dua jenis fitohormon tersebut sangat berguna untuk memudahkan proses penyerbukan tanaman, menjaga turgor pada sel, dan memberikan kekokohan pada tangai bunga. Solusi dari permasalahan tersebut dapat diatasi dengan pemberian senyawa fitohormon seperti GA3.

Bunga yang rontok juga bisa karena gagal penyerbukan. Dalam satu tangkai bunga terdapat beberapa bunga yang bisa dibuahi. Ketika bunga pertama gagal diserbuki, bunga tersebut akan rontok dan akan keluar bunga lain. Pastikan tanaman terhindar dari naungan agar bisa mengeluarkan bunga dengan sempurna.

Baca Juga:  Budidaya Tanaman Sawo, Tanaman Buah Pencegah Erosi

Sementara itu, faktor eksternal penyebab bunga pohon terung rontok adalah jadwal penyiraman yang tidak teratur, padahal air memegang peranan penting dalam proses pembentukan bunga. Selain itu, adanya gangguan dari hama dan penyakit, intensitas serta naungan yang tidak sesuai dengan tanaman terung.

Setelah penyebabnya teridentifikasi, langkah selanjutnya adalah melakukan cara pengendalian sesuai dengan penyebabnya.


loading...