Langkah Mudah Mengatasi Hama dan Penyakit Pohon Jambu Air Madu Deli

Pertanianku — Salah satu aspek perawatan pohon jambu air madu deli yang tidak boleh dilewatkan adalah mengatasi hama dan penyakit yang bisa menghambat pertumbuhan tanaman. Hama merupakan hewan yang mengganggu pertumbuhan tanaman. Hama dan penyakit harus segera diatasi. Sebab, jika didiamkan begitu saja dapat menyebabkan pohon tidak mau berbuah, pohon hanya tumbuh tinggi ke atas tanpa menghasilkan buah.

jambu air madu deli
foto: pertanianku

Hama pohon jambu air madu deli

Hama yang paling sering menyerang pohon jambu air madu deli adalah ulat pemakan daun, kutu putih, kutu yang berwarna hitam, ulat yang terselubung kepompong kecil dan menggantung di daun, lalat buah, serta kutu yang menyebabkan daun bisul.

Semua hama tersebut bisa diatasi dengan pemberian insektisida. Sebenarnya, pemberian insektisida bukan saja hanya untuk mengatasi serangan hama, melainkan digunakan untuk pencegahan hama agar tidak menyerang tanaman.

Untuk perawatan, insektisida diberikan setiap 1—2 bulan sekali. Sementara itu, untuk mengatasi serangan hama, insektisida diberikan sebanyak seminggu sekali. Biasanya, Anda perlu melakukan hingga 4 kali penyemprotan untuk menghilang serangan hama. Dosis yang digunakan harus sesuai anjuran yang biasanya tertera di kemasan insektisida.

Insektisida yang bisa digunakan adalah Curacron atau Confidor. Insektisida tersebut bisa Anda jumpai dengan mudah di Toko Trubus.

Penyakit

Pohon yang terkena serangan cendawan jelaga yang menyebabkan daun berubah menjadi hitam. Namun, serangan cendawan jelaga tersebut diawali dengan serangan kutu putih dan semut. Namun, jambu air madu deli terbilang relatif jarang terkena penyakit yang biasanya disebabkan oleh cendawan atau jamur.

Bagian batang juga terbilang agak jarang terkena serangan cendawan karena batang pohon jambu air ini jarang dijadikan inang oleh cendawan. Namun, batang pohon ini tetap memiliki kemungkinan terkena serangan cendawan jika tidak dirawat dengan baik.

Baca Juga:  Bunga Pohon Buah Mangga Sudah Tumbuh Tapi Pembuahan Gagal? Ini Penyebabnya

Jika tanaman sudah terkena serangan dari cendawan, Anda bisa mengatasinya dengan fungisida bubuk ataupun cair. Fungisida cair biasanya memiliki kandungan tambahan berupa hormon perangsang tumbuh yang bisa menumbuhkan tunas baru. Namun, Anda harus tetap menggunakan fungisida jika memang ada serangan dari cendawan dan jamur.

Untuk kebutuhan perawatan jambu air madu deli yang lengkap, Anda bisa langsung mendapatkannya di Toko Trubus. Sebagai solusi pertanian, Toko Trubus menyediakan beragam kebutuhan sarana produksi pertanian, mulai dari bibit dan benih beragam tanaman, media tanam, pupuk, pestisida, dan perlengkapan berkebun lainnya. Pada September ini ada promo menarik untuk pembelian jambu air madu deli di Toko Trubus. Segera hubungi WhatsApp admin Toko Trubus atau kunjungi langsung Toko Trubus terdekat di kota Anda.


loading...