Langkah Mudah Mengatasi Hama yang Menyerang Daun Pohon Jati

Pertanianku — Hama merupakan organisme yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman sehingga produktivitas tanaman menurun. Salah satu hama yang kerap meresahkan petani pohon jati adalah hama yang menyerang daun. Hama pohon jati tersebut berasal dari kelompok Coleoptera yang terdiri atas 41 jenis, Lepidoptera yang terdiri atas 80 jenis, dan Orthopetra yang terdiri atas 18 jenis.

hama pohon jati
foto: pertanianku

Jenis hama pohon jati yang harus diperhatikan adalah Eutectona machaerallis dan Hyblaea puera. Hama tersebut dapat menimbulkan gejala seperti tanaman yang layu karena sistem perakarannya terputus. Selain itu, tanaman jadi lebih mudah dicabut karena akar sudah tidak kuat. Kedua hama tersebut juga bisa menyerang bibit pohon jati yang masih berada di media persemaian.

Pengendalian hama tersebut dapat dilakukan dengan mengumpulkan dan memusnahkan kumbang sebelum menjadi uret pada awal musim hujan. Selanjutnya, Anda bisa menggunakan insektisida dalam bentuk larutan yang dicampurkan dengan tanah, lalu dimasukkan ke lubang tanam sebelum lubang tersebut digunakan.

Loading...

Ada beberapa hama pohon jati yang dapat menyerang daun tanaman pada malam hari, seperti Colasposoma asperatum, C. downesi, Nodostoma sp., Sabaethe sp., Astycus sp., Crinorrhinus sp., Adorectus sp., dan Apognia sp. Hama tersebut biasanya akan memakan daun jati pada bagian daunnya dan menyisakan bagian kerangka daunnya.

Hama yang menyerang daun pohon jati bisa dicegah dengan cara biologis, yakni dengan diversifikasi dengan jenis tumbuhan lain untuk mengalihkan perhatian hama. Tanaman yang bisa ditanam adalah Cahcarpa arborea, C. cana, C. macriphylla, Tectona hamlitoniana, Vitex spp., Bignonia spp., dan Heteriphragam spp.

Dengan menanam salah satu tanaman di atas di sekitar perkebunan pohon jati, hama akan beralih ke tanaman-tanaman tersebut dan tidak akan memakan daun pohon jati.

Baca Juga:  Dampak Negatif dari Pestisida Kimia

Serangan hama juga bisa dikendalikan dengan menggunakan insektisida Malathion 0,05 persen. Dosis yang digunakan harus sesuai dengan petunjuk yang tertera pada kemasan. Jangan gunakan dosis yang terlalu tinggi atau melebihi anjuran karena bisa membahayakan tanaman. Insektisida tersebut diberikan dengan cara disemprot secara merata ke tanaman yang terserang hama.

 

 

 

 

Loading...
Loading...