Langkah Mudah Mengatasi Ikan Arwana yang Stres

Pertanianku — Stres biasanya dialami oleh ikan arwana yang baru saja datang dari tempat yang jauh dan menempati wadah baru. Oleh karena itu, arwana yang akan dilepas ke wadah baru harus dilakukan aklimatisasi terlebih dahulu untuk menghindari ikan arwana stres.

ikan arwana stress
foto: Pixabay

Ketika Anda ingin memindahkan arwana dari satu akuarium ke akuarium lain, tidak boleh dilakukan dengan cara menangkapnya menggunakan tangan atau serokan. Penangkapan ikan langsung dengan tangan atau serokan bisa menyebabkan ikan stres. Biarkan ikan masuk dengan sendirinya ke dalam wadah pengangkutan. Caranya, buka penutup wadah pengangkut dan miringkan ke arah dalam permukaan air agar ikan bisa berenang ke dalam wadah.

Hal tersebut juga berlaku untuk melepaskan ikan arwana yang berada di dalam wadah pengangkutan. Jangan gunakan tangan atau serokan. Sebaiknya, miringkan wadah ke dalam permukaan air agar arwana bisa keluar dari wadah dengan sendirinya.

Setelah ikan keluar dari wadah, matikan lampu dan tutup sisi-sisi akuarium untuk mencegah ikan arwana stres. Aktifkan filter agar oksigen di dalam akuarium tercukup. Biarkan kondisi tersebut berlangsung salama lebih kurang 6 jam.

Setelah 6 jam berlalu, coba nyalakan lampu kecil di atas akuarium dan biarkan ikan menikmati suasana tersebut selama 1—2 jam. Setelah itu, buka penutup akuarium bagian depan secara perlahan. Jika ikan terlihat berenang dengan santai, itu artinya ikan tidak stres.

Ikan arwana yang stres akan terlihat tidak normal saat berenang, seperti menabrak-nabrak sisi akuarium. Selain itu, ikan akan terlihat hanya berada di salah satu sisi akuarium.

Jika ikan arwana Anda sudah terlihat stres, jangan berikan makanan karena ikan dapat melompat ke luar dari wadah akuarium. Anda harus mendiamkannya selama 24 jam untuk meredakan stres tersebut sambil ditutup kembali sisi-sisi akuarium.

Baca Juga:  Pemberian Pakan Ikan Nila Tidak Boleh Sampai Telat

Ikan arwana yang stres karena dipindahkan ke wadah baru biasanya mulai bisa beradaptasi dengan baik setelah 24 jam. Setelah itu, Anda baru bisa memberikan pakan yang mengapung seperti anak katak, belalang, atau jangkrik.

Ikan arwana yang sudah nyaman dengan lingkungannya akan mendekat ke pakan yang diberikan. Jika kondisi ikan sudah sebaik itu, Anda bisa memberikan pakan lagi sambil membuka penutup bagian depan.

 


loading...