Langkah Mudah Mengatasi Kutu Kebul yang Merugikan Tanaman Jahe

PertaniankuKutu kebul yang sering merugikan tanaman jahe adalah kutu Bemicia tabaci. Kutu ini menjadi vektor begomovirus yang dapat menyerang tanaman jahe. Tanaman inang kutu kebul ini adalah tomat, cabai, kentang, ubi jalar, singkong, kedelai, lada, tembakau, kubis, buncis, semangka, melon, dan mentimun.

kutu kebul
foto: Pertanianku

Kutu kebul akan menyebabkan bercak nekrotik pada daun jahe karena sel-sel dan jaringan daun sudah dirusak oleh kutu. Kutu akan eksresi menghasilkan embun madu yang menjadi media tumbuh embun jelaga berwarna hitam. Selain itu, kutu ini juga dapat memancing begomovirus datang untuk menyerang tanaman sehingga tanaman jahe mengalami penyakit keriting kuning.

Penyakit yang disebabkan oleh begomovirus dapat menurunkan hasil panen minimal sebesar 20 persen. Jika kehadiran kutu kebul tidak segera diatasi, tanaman bisa mengalami gagal panen total karena kondisi tanaman yang memburuk.

Kerusakan yang disebabkan oleh kutu kebul ada tiga macam. Pertama, kerusakan secara langsung karena bekas tusukan stiletnya. Kutu akan memakan bagian tanaman sehingga bagian tersebut rusak dan produktivitas tanaman menjadi berkurang. Akibatnya, tanaman menjadi lemah dan layu.

Kedua, kerusakan secara tidak langsung karena kutu menghasilkan embun madu. Embun tersebut merupakan substrat yang menjadi tempat tumbuh embun jelaga pada daun dan buah. Permukaan daun yang sudah tertutup embun jelaga menyebabkan proses fotosinteisis tanaman menjadi terhambat.

Ketiga, kerusakan karena sebagai vektor virus tanaman. Populasi kutu kebul yang kecil saja sudah bisa menjadi vektor virus yang berbahaya bagi tanaman jahe.

Pengendalian hama kutu kebul bisa dilakukan dengan melakukan pergiliran tanam dengan tanaman yang bukan inang kutu. Selanjutnya, pangkas gulma, seperti babandotan, puteri malu, kacang tanah hias, dan ciplukan yang menjadi inang dari begomovirus.

Baca Juga:  TNI-Polri Siap Mendukung Program Food Estate di Sumba Tengah

Di sekeliling kebun jahe ditanami tanaman tagetes untuk mengurangi serangan kutu. Tanaman yang sudah terserang kutu harus segera dipangkas dan dikumpulkan. Selanjutnya, bagian tanaman tersebut dibakar agar siklus hidup kutu di kebun bisa berkurang.

Anda juga bisa menggunakan perangkap berwarna kuning yang sudah diberikan lem untuk menarik perhatian kutu. Tiap 1 perangkap dipasang di setiap 100 m2 lahan kebun jahe.


loading...