Langkah Mudah Mengatasi Serangan Hama Tikus di Rumah Burung Walet

Pertanianku — Ada dua hama yang sangat mengganggu keberlangsungan proses ternak sarang walet, yaitu tikus dan burung hantu. Tikus merupakan hama utama bagi burung walet yang cukup sulit diatasi dan bisa datang kapan saja. Peternak sering kehabisan cara untuk mengatasi hama burung walet ini karena dipancing dengan umpan beracun pun masih tidak mempan.

hama burung walet
foto: Pertanianku

Tikus tidak hanya berbahaya bagi burung walet, tetapi juga bisa memancing kehadiran ular pemakan tikus. Langkah pertama untuk mengatasi hama tikus adalah menjaga kebersihan rumah walet. Pastikan tidak ada satu bagian rumah walet yang bolong agar tidak ada jalan masuk bagi tikus.

Pengendalian hama tikus perlu dilakukan dengan tingkat kesabaran dan keuletan yang tinggi. Berikut ini dua cara mencegah serangan hama tikus di rumah walet.

Batubara

Gunakan 2—3 potong batubara seukuran kerikil di dasar pintu masuk rumah walet. Potongan tersebut akan hancur setelah didiamkan selama beberapa hari. Atau, gunakan langsung potongan batubara untuk ditebarkan di sekeliling rumah walet. Teknik ini bisa mengusir tikus tanpa perlu membunuhnya. Batubara harus diletakkan pada jalur yang sering dilalui oleh tikus agar efektif.

Memperlicin dinding gedung

Tikus bisa memanjat ke bagian rumah yang paling tinggi. Itu sebabnya tikus sering ditemukan bersarang di loteng. Untuk menghindari tikus memanjat ke atas, dinding pada rumah walet bisa dibuat licin dengan cara mengaci atau memplester dinding dekat pintu masuk rumah hingga licin. Plester juga dibuat di bagian sudut dinding karena lokasi tersebut sering digunakan tikus untuk memanjat.

Cara lain yang bisa dilakukan ialah memasang 2 lempengan keramik di sekeliling gedung sehingga kaki tikus tidak mampu mencengkeram dinding keramik yang licin. Selain mampu menghindari serangan hama tikus, keramik pada dinding juga dapat mempercantik penampilan rumah walet.

Baca Juga:  Cara Menyimpan Kroto yang Benar agar Bertahan Lama

Jika dinding keramik dirasa terlalu mahal, Anda bisa menggunakan lempengan kaleng untuk mengitari gedung atau menjadi pelapis di punggung sudut gedung.

Keberhasilan mengatasi hama tikus menjadi salah satu kunci sukses bisnis walet. Masih ada banyak kunci sukses bisnis walet lainnya yang bisa membantu Anda untuk mendapatkan sarang emas ini. Kunci sukses tersebut dibahas dalam buku Rahasia Sukses Bisnis Walet yang diterbitkan oleh Penebar Swadaya. Untuk mendapatkannya sebagai referensi, Anda bisa langsung menghubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya.