Langkah Mudah Menyiapkan Kolam Terpal untuk Ikan Gurami

Pertanianku — Budidaya gurami dapat dilakukan pada kolam terpal. Biasanya, kolam terpal digunakan di daerah tanah yang sifatnya sangat porous sehingga pembudidaya bisa menghindari kebocoran air kolam. Ukuran kolam terpal ikan gurami pasti lebih kecil dibandingkan kolam tanah, yakni sekitar 25—30 m2, bahkan pembudidaya bisa menggunakan ukuran kolam yang lebih kecil dari itu.

kolam terpal ikan gurami
foto: Pertanianku

Kolam terpal yang akan digunakan untuk budidaya ikan gurami harus disiapkan terlebih dahulu agar tidak membahayakan ikan gurami yang akan dipelihara. Berikut ini langkah-langkah mempersiapkan kolam terpal untuk gurami.

Pengeringan dan pembersihan

Kolam terpal yang sudah pernah digunakan harus dikeringkan dan dibersihkan dari sisa-sisa kotoran yang masih menempel di bagian dasar dan dinding kolam dengan sikat. Setelah itu, diamkan selama satu hari.

Jika kolam baru, isi air kolam hingga penuh, lalu biarkan selama 2—3 hari. Selanjutnya, kuras kolam agar mudah dibersihkan.

Sikat kolam

Sikat semua bagian kolam hingga bersih. Jika ingin menggunakan detergen, Anda harus pastikan tidak ada sisa detergen yang tertinggal di permukaan terpal sehingga bekas sikatan  harus dibilas hingga benar-benar bersih.

Lap seluruh bagian kolam

Setelah permukaan kolam terpal bersih, langkah selajutnya adalah mengelap seluruh bagian kolam hingga sampai seluruh air di dalamnya habis. Untuk mempermudah proses pengeluaran air kolam, Anda bisa mengarahkan air ke arah saluran pembuangan dengan menggunakan kain lap.

Keringkan kolam

Kolam harus dikeringkan lagi selama satu hari hingga kolam sudah benar-benar siap untuk diisi air. Kolam tidak langsung diisi penuh oleh air, cukup hingga setinggi 70—80 cm.

Pemupukan

Masukkan pupuk kotoran ayam ke karung dan letakkan di salah satu sudut kolam atau di tengah kolam. Anda bisa mengganti pupuk kotoran ayam dengan pupuk organik yang mudah didapatkan di pasaran. Setelah 5—7 hari kemudian, media air di dalam kolam akan berubah warna menajdi kehijauan, ini artinya plankton sudah tumbuh. Dosis pupuk harus disesuaikan dengan volume air kolam serta jenis pupuk yang digunakan.

Baca Juga:  Upaya KKP untuk Menyelamatkan Ikan Terubuk yang Terancam Punah