Langkah Mudah Merawat Aglaonema agar Tetap Cantik dan Subur

Pertanianku — Salah satu tanaman hias yang sedang digandrungi banyak orang adalah aglaonema. Salah satu daya tarik aglaonema terletak pada tampilan daunnya yang cantik. Keindahan tanaman perlu dirawat dengan benar agar tidak menyebabkan penampilannya berubah menjadi layu. Merawat aglaonema memang terbilang susah-susah gampang, Anda perlu mengetahui beberapa triknya agar tampilan tanaman tetap indah.

merawat aglaonema
foto: unsplash

Berikan perlindungan dari sinar matahari secara langsung

Jangan pernah simpan aglaonema di tempat yang terpapar cahaya matahari secara langsung karena hal tersebut malah akan menyebabkan daun tanaman terbakar. Selain itu, warna daun aglaonema jadi memudar sehingga keindahan tanaman berkurang.

Aglaonema lebih cocok disimpan di tempat yang teduh. Selain itu, siapkan juga paranet untuk melindungi tanaman. Aglaonema yang diletakkan di ruang terbuka cenderung lebih mudah mengalami kerusakan sehingga menyebabkan penampilannya menjadi kurang menarik.

Penyiraman tanaman

Aglaonema tidak boleh disiram setiap hari karena dapat menyebabkan tanaman lebih rentan terkena serangan penyakit. Aglaonema cukup disiram setiap 2—3 hari sekali untuk menjaga media tanam agar tetap basah, suplai air, dan nutrisi tanaman.

Membersihkan gulma

Gulma yang tumbuh di sekitar tanaman aglaonema perlu dicabut hingga ke bagian akarnya agar tidak tumbuh kembali. Gulma-gulma tersebut dapat mengganggu pertumbuhan aglonema dengan cara menyerap nutrisi dan ruang tumbuh.

Pertumbuhan gulma yang terbilang lebih pesat dari aglaonema dapat mengalahkan tanaman hias yang cantik ini. Dengan begitu, akan membuat aglaonema menjadi kerdil.

Penggemburan tanaman

Media tanam aglaonema yang tumbuh kecil perlu digemburkan agar tanahnya tidak mengalami pengerasan. Proses penggemburan tanah sebaiknya dilakukan minimal sebulan sekali. Anda juga dapat mengganti media tanam yang lama dengan media tanam baru apabila tanah sudah terlihat mengeras.

Baca Juga:  Trik Jitu Mengendalikan Hama Jamur Budidaya

Perawatan daun aglaonema

Selama masa perawatan, daun aglaonema perlu dilap dari debu yang dapat membuat penampilan tanaman menjadi kurang bagus. Debu tersebut dapat menurunkan keindahan tanaman sehingga corak aglaonema yang sangat indah menjadi tidak menarik untuk dipandang.

Debu yang menempel pada daun aglaonema juga dapat mengundang penyakit dan menyebabkan tanaman mati. Selain itu, dedaunan yang layu dan menguning perlu dipangkas pada bagian batangnya.