Langkah Mudah Merawat Tabulampot Nangka

Pertanainku — Saat ini Anda sudah bisa menemukan tanaman nangka yang tumbuh di pot dengan ukuran yang jauh lebih mini dibanding yang di lahan. Tanaman nangka yang ditanam di pot tetap bisa berbuah dengan mudah jika perawatannya benar. Berikut ini beberapa perawatan yang harus diberikan pada tabulampot nangka.

tabulampot nangka
foto: Pertanianku

Penyiraman

Tabulampot nangka yang baru ditanam atau masih dalam masa pertumbuhan vegetatif yang berlangsung selama dua tahun sangat memerlukan penyiraman. Penyiraman dilakukan sebanyak dua hari sekali. Nangka memiliki sistem perakaran yang dalam sehingga penyiraman tidak perlu terlalu sering dilakukan karena akarnya mampu menyerap air dari tanah yang dalam.

Penyiraman berlebihan akan menyebabkan genangan pada media tanaman sehingga mengakibatkan akar menjadi busuk.

Pemangkasan

Bagian tanaman yang terlihat tidak subur dan tidak produktif perlu dipangkas agar tajuknya tidak terlalu rimbun. Tajuk yang terlalu rimbun akan menghalangi jalannya sinar matahari sehingga ada bagian tanaman yang tidak mendapatkan sinar matahari secara utuh. Pemangkasan ini juga bisa dilakukan untuk merangsang munculnya bunga yang merupakan bakal buah.

Pemupukan

Jika Anda ingin menggunakan pupuk organik, pupuk diberikan sebanyak 1—2 kali sebanyak 20 kg per pohon setiap tahunnya. Jika menggunakan pupuk anorganik, jenis pupuk yang digunakan adalah pupuk NPK.

Dosis pupuk yang digunakan harus disesuaikan dengan umur tanaman. Tanaman yang masih berumur satu minggu diberikan pupuk NPK dengan dosis 100 gram/pohon. Tanaman berumur 6 bulan diberikan dosis 150 gram/pohon.

Dosis pupuk akan selalu bertambah 50 gram setiap enam bulan sekali hingga tanaman berumur 24 bulan. Saat tanaman memasuki masa pembungaan, ganti jenis pupuk yang digunakan.

Penjarangan dan pembungkusan buah

Tidak semua buah yang tumbuh bisa dipelihara. Anda harus merelakan buah yang kurang bagus agar nutrisi dapat diserap oleh buah yang berkualitas. Buah yang dipangkas adalah buah yang berbentuk tidak seragam. Buah yang sudah membesar perlu dibungkus dengan pembungkus buah yang sudah dicelupkan ke dalam larutan insektisida.

Baca Juga:  Media Tanam yang Tepat untuk Hidroponik