Langkah Mudah Merawat Tanaman Seledri Sendiri di Rumah

Pertanianku — Seledri sering digunakan sebagai sayur campuran untuk menambah aroma serta rasa pada masakan. Tanaman ini memiliki penampakan yang cantik sehingga tak jarang banyak orang yang ingin memeliharanya sendiri dirumah. Merawat tanaman seledri bisa dikatakan mudah jika Anda sudah mengetahui caranya.

merawat tanaman seledri
foto: Pixabay

Karena banyak yang menyukainya, saat ini banyak toko pertanian yang menjual bibit seledri siap tanam. Dengan bibit tersebut, Anda tidak perlu menyemai apalagi menunggu benih seledri tumbuh. Anda bisa langsung membesarkannya di pot atau memindahkannya ke pot yang lebih besar.

Saat seledri ingin dipindahkan ke lahan, tanah harus dicangkul terlebih dahulu sedalam 25 cm dan diberikan pupuk kandang secukupnya. Selanjutnya, buatlah bedengan dengan lebar satu meter.

Setelah tanaman sudah berumur 1,5 bulan sejak disemai atau 0,5 bulan sejak ditanam di lahan, berikan pupuk buatan berupa urea dan KCl dengan perbandingan 3:2 sebanyak 3 gram setiap tanaman. Pupuk diberikan sejauh 5 cm dari batangnya. Pemberian pupuk jauh lebih efisien jika dilakukan bersamaan dengan penyiangan gulma.

Tanaman hanya perlu disiram satu kali sehari atau paling banyak dua kali sehari pada pagi dan sore hari. Tanaman seledri lebih menyukai kondisi tanah yang agak kering.

Selama proses perawatan, langkah penting yang harus Anda lakukan adalah memberantas hama serta penyakit yang dapat merugikan tanaman. Hama yang sering menyerang seledri adalah kutu daun.

Kutu daun dapat berfungsi sebagai vektor yang dapat menyebarkan penyakit virus mosaik dan merusak penampilan daun. Hama tersebut bisa diatasi dengan Kelthane 0,2 persen. Cara penggunaannya cukup mudah, Anda hanya perlu menyemprotkan pada bagian yang terserang.

Selain kutu daun, hama lain yang sering menyerang seledri adalah cendawan yang dapat menyebabkan tanaman cepat sakit. Cendawan tersebut adalah Cercospora apii yang dapat menyebabkan penyakit cacar cokelat kuning. Penyakit ini sering menyerang tanaman yang masih di persemaian.

Baca Juga:  Proses Pembuatan Minyak Atsiri yang Benar agar Hasil Rendemen Lebih Banyak

Ada juga cendawan Septoria apii var. graveolentis yang dapat menyebabkan cacar hitam. penyakit ini sering menyerang seledri yang sudah dewasa dan ketika sedang ditanam di kebun. Penyakit cacar hitam bisa diatasi dengan menggunakan fungisida Benlate 0,1—0,3 persen atau Dithane M-45 0,2 persen.


loading...