Langkah Mudah nan Tepat Merawat Tanaman Bawang Daun di Dalam Pot

Pertanianku Bawang daun cukup mudah untuk ditanam, Anda bisa menggunakan bagian bonggol bawang daun yang masih ada akarnya untuk ditanam kembali. Tanaman bawang daun dapa tumbuh pada dataran dengan ketinggian 250-1.500 m dpl dengan curah hujan 1.500-2.000 mm/tahun.

bawang daun
foto: Pixabay

Bawang dan merupakan tanaman tahunan yang dapat dibudidyaakan semusim atau dua musim. Tanaman ini tidak menghasilkan umbi, daunnya berbentuk bulat panjang, dan berlubang seperti pipa.

Gunakan pot dengan ketinggian 20 cm dan lebar 10-15 cm. pot yang berukuran tinggi berguna untuk menyesuiakan bentuk tanaman bawang daun yang memanjang dan mampu menyangga tanaman. Anda juga bisa menggunakan polibag untuk pembibitan sekaligus pembesaran tanaman bawang. Berikut ini cara merawat tanaman bawang daun yang akan ditanam di dalam pot.

  • Potong again daun yang akan dijadikan bibit sepanjang 5-7 c dari akar, lalu tanam pada media tanam yang terbuat dari campuran pupuk kandang dan tanah dengan perbandingan 1:1. Media tanam yang digunakan harus memiliki derajat keasaman yang netral atau sekitar 6,5-7,5. Jenis tanah yang cocok adalah andosol dan tanah lempung berpasir.
  • Bibit yang baru ditanam perlu disiram setiap hari agar kelembapannya tetap terjaga stabil.
  • Berikan pupuk organik dengan dosis 100-150 gram/pot dengan cara ditebar ke sekeliling tanaman.
  • Bibit tanaman harus dilindungi dari serangan hama dan penyakit dengan biopestisida yang dapat dijumpai di toko pertanian atau dibuat sendiri dari berbagai macam tanaman.
  • Setelah 1-2 mingguu, tunas-tunas mudah akan bermunculan pada batang bawang daun. Tunas tersebut dapat dijadikan induk.
  • Tanaman sudah bisa dikonsumsi setelah tanaman berumur dua bulan. Panen dapat dilakukan dengan cara dicabut hingga ke akar atau hanya dipotong pada bagian daunnya saja.
Baca Juga:  Mengatasi Hama Selada Tanpa Pestisida Kimia

Ada dua jenis bawang daun yang bisa Anda jumpai, yaitu bawang bakung dan bawang prei. Bawang bakung sering disebut semprong atau sibol, daunnya berbentk bulat, panjang dan berlubang seperti pipa. Sementara itu, bawang prei , daun tanaman panjang pipik, dan liat.