Langkah Mudah Perbanyakan Tanaman Lada dengan Setek

Pertanianku — Perbanyakan yang dianggap praktis dan efisien untuk tanaman lada adalah setek. Hal ini dikarenakan benih yang dihasilkan mewarisi sifat induknya. Perbanyakan tanaman lada dengan cara setek memerlukan persiapan yang matang agar proses tersebut berjalan lancar. Berikut ini langkah perbanyakan tanaman lada dengan setek seperti dikutip dari buku Lada: Produksi 2 Ton/Ha.

perbanyakan tanaman lada
foto: Pertanianku

Bahan setek

Bahan setek terbaik berasal dari cabang atau sulur panjat yang tumbuhnya ke atas dan melekat pada tiang panjatnya. Selain sulur, bahan setek juga bisa diambil dari sulur gantung dan sulur atau cabang buah.

Bahan setek yang baik memiliki ciri-ciri sudah sedikit berkayu, tidak kekurangan hara, tidak terserang hama dan penyakit, berasal dari tanaman yang belum berproduksi, dan tanaman induk dalam pertumbuhan aktif serta tidak berbunga.

Bibit asal setek dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu setek panjang dan setek pendek. Setek panjang menggunakan 5—7 buku dan langsung ditanam di lapangan. Sementara itu, setek pendek hanya menggunakan 1—2 buku berdaun dan perlu pendederan serta penyemaian terlebih dahulu.

Media tumbuh setek

Bibit setek membutuhkan media tumbuh yang dapat memberikan unsur hara mineral, memberikan air dan melayaninya sebagai reservoir, serta melayani setek sebagai tempat berpegang dan bertumpu untuk tegak.

Media tumbuh yang baik untuk bibit setek terdiri atas komponen mineral anorganik, bahan organik, organisme tanah, atmosfer tanah, dan air tanah. Apabila salah satu komponen media di atas berubah, karakteristik media tumbuh juga akan berubah.

Pembibitan

Pembibitan dapat dilakukan langsung di tanah atau di dalam kantong-kantong plastik. Tanah yang akan digunakan sebagai tempat pembibitan perlu digemburkan terlebih dahulu sedalam 20—30 cm dan dibersihkan dari berbagai sisa tanaman dan akar.

Baca Juga:  5 Tips Mencegah Serangan Hama dan Penyakit pada Jamur Budidaya

Penyemaian atau pembibitan yang praktis dilakukan di dalam kantong plastik/polibag. Kantong plastik yang digunakan berdiameter 10 cm dan tinggi 15 cm. Kantong tersebut diisi campuran tanah, pupuk kandang, 0,5 gram dolomit/kg tanah, dan bila perlu tambahkan pupuk kandang.

Semua rangkaian pembibitan tanaman lada melalui setek dibahas secara tuntas dalam buku Lada: Produksi 2 Ton/Ha. Buku yang dapat menjadi referensi budidaya lada bisa Anda dapatkan dengan menghubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya atau membelinya di Shopee Penebar Swadaya.