Langkah Mudah Sterilisasi Rumah Kumbung Jamur Kancing

Pertanianku — Sebelum budidaya jamur kancing dimulai, Anda perlu melakukan sterilisasi rumah kumbung yang akan digunakan agar proses pengomposan media tanam berjalan lancar dan gas-gas beracun yang ada di dalam rumah menghilang. Sterilisasi rumah kumbung untuk budidaya jamur kancing sudah menjadi rangkaian wajib yang harus dilakukan agar proses budidaya berjalan lancar.

sterilisasi rumah kumbung
foto: Pixabay

Berikut ini tahapan yang dilakukan untuk proses sterilisasi rumah kumbung jamur kancing yang harus dilakukan.

  • Tebarkan media tanam yang sudah dikomposkan terlebih dahulu secara merata di atas rak-rak tanaman yang sudah tersedia di dalam rumah kumbung. Ketebalan media tanam yang dibutuhkan pada rak sekitar 15—20 cm.
  • Kemudian alirkan uap panas yang berasal dari perebusan air di pembangkit uap ke dalam rumah kumbung. Anda perlu menaikkan suhu di dalam rumah kumbung secara bertahap. Setelah suhu di dalam rumah kumbung mencapai 60—65°C, jaga suhu tersebut selama 12 jam.
  • Setelah suhu mencapai 65—75°C, buka ventilasi agar suhunya menurun menjadi 40—45°C. Anda perlu menjaga suhu di dalam rumah kumbung agar tetap stabil selama 70 jam.
  • Selanjutnya, segera akhiri proses sterilisasi dengan membuka ventilasi udara agar suhunya menurun menjadi 32°C.

Proses sterilisasi juga bisa dilakukan di dalam rumah pengomposan dengan cara menutup tumpukan kompos dengan plastik dan tunggu hingga suhunya mencapai 60°C. Pertahankan suhu tersebut selama 12 jam, kemudian pindahkan kompos ke rumah kumbung dengan suhu 47—50°C, pertahankan suhu tersebut selama 40 jam. Setelah suhu sudah mulai menurun menjadi 32°C, segera lakukan pendinginan.

Sterilisasi dilakukan sebelum penanaman bibit. Bibit tersebut sudah bisa ditanam setelah suhu media tumbuh turun 32°C untuk ditanam. Penanaman bibit jamur dilakukan dengan cara ditebar langsung ke media tanam.

Baca Juga:  Keunikan Tanaman Porang yang Sedang Diminati Banyak Orang

Rak tanam perlu dibuat setinggi 15—20 cm dengan panjang 3 meter dan lebar 1 m. Untuk ukuran rak tersebut, Anda membutuhkan 10—14 botol bibit dengan isi 220 cc. Apabila penanaman berhasil, bibit jamur sudah mulai menunjukkan pertumbuhan miselium setelah berumur 12—14 hari.