Langkah Pengolahan Biogas dari Kotoran Manusia


Pertanianku – Untuk membuat biogas dari kotoran manusia dapat dilakukan dengan membangun instalasi biogas di WC umum. Sementara itu, alat yang diperlukan, antara lain bak pengisi dan bak penampung, digester, pipa PVC diameter 4 inci, slang plastik diameter ¾ inci, kran gas, knee ½, knee L drat, klem paralon, klem slang, lem paralon, alat kontrol fiber glass, semen, pasir, dan batu bata. Adapun langkah-langkah pengolahan biogas dari kotoran manusia adalah sebagai berikut.

Persiapan biogas_bogor_rudi_080109 (25)

  1. Buat saluran yang menghubungkan antara kloset dengan tangki digester untuk mengalirkan bahan ke dalam tangki digester.
  2. Diamkan bahan campuran selama 30—45 hari untuk menghasilkan gas yang diinginkan. Gas akan terbentuk setelah 30—45 hari. Gas pertama yang terbentuk tidak dapat langsung digunakan atau dibakar karena masih mengandung campuran gas dan udara. Sebaliknya, gas tersebut dikeluarkan sampai tidak mengeluarkan bau gas.
  3. Lakukan pengecekan gas secara rutin dengan membuka kran kompor yang terhubung dengan gas, lalu nyalakan. Kompor akan menyala bila gas telah terbentuk dan susah dapat dimanfaatkan.

 

Sumber: Buku Paduan Praktis Biogas

Baca Juga:  3 Kelebihan Sistem Akuaponik Dibanding Hidroponik