Langkah Praktis Membuat Media Tanam Organik untuk Sayuran

Pertanianku — Metode tanam sayuran dalam pot atau polibag cocok diterapkan sebagai urban farming dengan lahan yang terbatas. Ada banyak jenis sayuran yang bisa kita tanam sendiri di dalam pot atau polibag. Akan tetapi, media tanam merupakan faktor yang sangat menentukan sukses tidaknya menanam sayuran dalam pot atau polibag. Gunakan media tanam organik untuk sayuran supaya hasilnya lebih menyehatkan.

media tanam organik untuk sayuran
Foto: Dok. Pertanianku

Saat ini, tersedia media tanam sangat banyak dan beragam jenisnya. Kita bisa membeli media tanam yang sudah jadi dan siap digunakan. Kita juga bisa menyiapkan sendiri media tanam dengan menggunakan bahan-bahan yang tersedia di sekitar kita. Anda bisa membuat media tanam sayuran dalam pot atau polibag menggunakan bahan-bahan yang banyak tersedia di lingkungan sekitar.

Siapkan tanah yang gembur dan subur

Loading...

Ambil tanah lapisan atas (top soil) dari kebun atau sawah. Tanah dianginkan, dihancurkan lalu diayak sehingga menjadi butiran-butiran halus dan bersih dari batu serta sisa-sisa akar tanaman. Tanah tidak boleh basah karena tanah yang basah akan menggumpal. Tanah yang menggumpal akan menyebabkan bahan-bahan tidak tercampur dengan merata.

Siapkan kompos, humus, atau pupuk kandang yang telah matang

Kompos yang digunakan bisa dari jenis kompos biasa, bokashi, atau kompos takakura. Pilih mana yang tersedia dan paling mudah didapat. Bisa juga menggunakan humus atau pupuk kandang yang sudah matang. Kompos, humus, atau pupuk kandang juga harus kering angin supaya bisa diayak menjadi butiran halus. Siapkan pula arang sekam yang bisa diperoleh dengan cara membeli atau membuat sendiri.

Campurkan semua bahan

Campurkan tanah, kompos, dan arang sekam sesuai perbandingan yang dikehendaki. Secara umum, perbandingannya adalah tanah : kompos : arang sekam (2:1:1). Aduk campuran tersebut hingga merata. Media tanam sudah jadi dan siap digunakan. Masukkan campuran media tanam tersebut ke pot atau polibag yang sudah disiapkan.

Baca Juga:  Ketahui Tanda Tomat Siap Panen

Pengisian media tanam ke dalam polibag sebaiknya ditekan dan sedikit dipadatkan agar tidak ada ruangan kosong di polibag. Media tanam sudah siap digunakan dan ditanami sayuran. Pot atau polibag lalu disusun di tempat atau lokasi yang sudah disiapkan dan kita siap untuk menanam sayuran organik sendiri.

Loading...
Loading...