Langkah Praktis Menjalankan Bisnis Pet Shop

Pertanianku – Jika Anda tertarik untuk membuka bisnis pet shop Anda harus mengetahui terlebih dahulu perlengkapan apa saja yang dibutuhkan. Pasalnya pet shop merupakan tempat penjualan perlengkapan hewan peliharaan, penitipan hewan peliharaan, pelayanan kesehatan untuk hewan peliharaan.

Langkah Praktis Menjalankan Bisnis Pet Shop

Terlebih saat ini sangat banyak masyarakat pecinta hewan peliharaan seperti kucing dan anjing. Para pecinta hewan peliharaan rela mengeluarkan kocek yang cukup mahal demi memenuhi kebutuhan hewan peliharaan agar terlihat cantik. Perawatan yang dibutuhkan antara lain makanan, shampo, perawatan hewan, kandang, dan kebutuhan yang lain. Bisnis pet shop merupakan bisnis yang cukup mudah dikelola dengan menyediakan berbagai macam kebutuhan hewan peliharaan. Untuk membuka bisnis Pet shop memang harus memiliki modal yang cukup besar dan pengetahuan yang tinggi dalam perawatan hewan. Jika Anda tertarik menjalankan bisnis pet shop. Berikut beberapa langkah yang harus Anda persiapkan.

Loading...
  1. Menentukan lokasi bisnis Anda

Carilah tempat yang strategis dan mudah dijangkau oleh pecinta orang, lebih bagus lagi jika lokasi bisnis Anda ini memiliki lahan yang luas, sebagai tempat parkir dan untuk ruang usaha Anda sebagai tempat kandang, tempat perawatan hewan dan tempat untuk menaruh berbagai perlengkapan bisnis Anda.

  1. Sediakan pelayanan yang paling dibutuhkan pecinta hewan dalam bisnis pet shop

Langkah yang paling utama dalam membuka bisnis ini adalah menentukan pelayanan apa saja yang Anda sediakan dalam bisnis ini seperti usaha Anda ini hanya menyediakan jual beli hewan peliharaan, perawatan hewan, jual makanan, aksesoris dan mainan hewan peliharaan Anda. Bisnis pet shop ini menggunakan model one stop service merupakan jenis pelayanan yang melayani kebutuhan hewan untuk menambah pemasukan, memperluas sasaran konsumen dan menciptakan image profesional.

  1. Menentukan jenis hewan yang akan dilayani dalam bisnis
Baca Juga:  Cara Membedakan Kelamin Jantan dan Betina pada DOC

Pada umumnya masyarakat Indonesia paling banyak memelihara hewan peliharaan seperti anjing dan kucing, untuk memulai bisnis Anda ini sebaiknya Anda mencoba untuk melayani 2 hewan peliharaan ini untuk permulaan, sehingga dalam bisnis pet shop Anda ini alangkah lebih baiknya jika Anda menyediakan beberapa ekor kucing dan anjing sebagai daya tarik pelanggan. Harga seekor kucing (dengan berbagai jenis) berusia enam bulan berkisar antara Rp700.000–Rp1,5 juta. Untuk harga anjing dengan berbagai jenis dengan harga berkisar 1–3 juta rupiah, bahkan hingga Rp10 juta untuk kualitas anjing yang terbaik.

  1. Berikan fasilitas tambahan pada tempat bisnis Anda

Berikan fasilitas-fasilitas sebagai penunjang kenyamanan pelanggan Anda, sediakan tempat yang nyaman, sejuk sehingga pelanggan Anda tidak akan mudah bosan.

  1. Menyediakan peralatan bisnis

Sediakan peralatan untuk service yang dibutuhkan, biasanya adalah kandang besi, tempat perawatan hewan (selang air, shampo, pemotong kuku hewan, pengering rambut, bedak khusus hewan, mainan hewan, aksesoris hewan, makanan hewan, obat-obatan hewan yang akan Anda perjual belikan.

  1. Bukalah lowongan kerja untuk menjadi pekerja dalam bisnis

 Bukalah lowongan kerja untuk 2 orang pekerja sebagai kasir dan pekerja yang sudah terlatih untuk perwatan hewan. Pekerja Anda tentu harus memiliki pengetahuan yang luas mengenai hewan, memiliki rasa cinta terhadap hewan, dan ketrampilan dalam pemeliharaan hewan

  1. Lakukan perencanaan menejemen usaha

Tentukan menejemen bisnis Anda ini dengan menentukan waktu operasional bisnis Anda, tarif yang ada pada setiap service pelayanan Anda, pejualan dari aksesoris, makanan maupun kAndang hewan, lakukan kerjasama dengan dokter hewan untuk menambah kepercayaan pelanggan.

 

Loading...
Loading...