Langkah Singkat Bertanam Herba dalam Pot

PertaniankuBertanam herba dalam pot kini sudah sangat lumrah dilakukan. Jenis herba yang bisa dibudidayakan dalam media tanam terbatas juga sudah banyak. Di Indonesia, jenis tanaman ini antara lain kemangi, daun seledri, dan daun kucai. Selain itu, berbagai tanaman untuk bumbu masakan Eropa juga bisa dibudidayakan seperti tanaman mint atau rosemary.

Bertanam herba dalam pot
Foto: pixabay

Keuntungan membudidayakan tanaman herba dalam pot cukup beragam. Pertama, Anda bisa memanfaatkannya langsung sebagai tanaman hias. Daun kemangi, daun mint, ataupun daun rosemary memiliki bentuk yang indah. Oleh karena itu, penempatannya dalam ruangan seperti dapur ataupun dekat kusen jendela akan menambah estetika dan kesan asri.

Kedua, Anda dapat memanfaatkannya secara langsung sebagai bumbu ketika dibutuhkan. Bila Anda sedang memasak sambal dan membutuhkan lalapan, Anda tinggal memetik saja daun kemangi. Begitu pula ketika sedang ingin membuat tampilan minuman ataupun dessert Anda menarik, Anda hanya perlu memetik daun mint dari tanaman mint dalam pot.

Loading...

Ada beberapa langkah mudah bertanam herba dalam pot. Langkah awal dilakukan dengan menentukan jenis herba yang akan ditanam. Karena jenisnya yang sangat beragam, tentukan lagi tingkat kebutuhan Anda dari tanaman tersebut, baik dari segi fungsi maupun nilai estetikanya.

Biasanya, tanaman herba diperbanyak dengan cara setek ataupun langsung dari bijinya. Setek dapat dilakukan jika Anda telah terlebih dahulu memiliki tanaman indukannya. Jika Anda baru akan memulai bertanam herba, biji dan bibit tanaman dapat dibeli di toko pertanian.

Berikutnya, menyiapkan pot sebagai wadah media tanam yang akan digunakan. Anda bisa bertanam lebih dari satu tanaman herba dalam satu waktu. Hanya saja, gunakan pot yang berbeda sehingga tanaman-tanaman dengan perawatan khusus dapat diperhatikan kebutuhannya secara maksimal.

Baca Juga:  Khasiat Bambu Kuning untuk Mengobati Kolesterol dan Hepatitis

Sebenarnya, bertanam banyak tanaman dalam satu pot sekaligus bukan tidak mungkin untuk dilakukan. Tentunya, Anda harus memastikan bahwa jenis-jenis tanaman tersebut memiliki syarat hidup yang sama. Selain itu, dalam memilih pot untuk satu jenis ataupun banyak jenis tanaman, Anda juga harus memerhatikan lubang drainase.

Langkah berikutnya adalah menyiapkan media tanam. Idealnya, Anda dapat menggunakan campuran tiga jenis media tanam berupa tanah, kompos, dan arang sekam. Gunakan perbandingan 2:1:1. Masukkan media tanam ke pot dan ratakan. Benamkan benih yang sudah Anda siapkan.

Lakukan perawatan seperti penyiraman secara rutin. Hindari penyiraman yang terlalu sering. Lakukan penyiraman hanya ketika media tanam sudah kering. Sebaiknya, tempatkan pot pada area yang terpapar sinar matahari di waktu pagi. Salah satunya, Anda dapat meletakkan pot ini di dekat jendela dapur.

Loading...
Loading...