Langkah Tepat Budidaya Avokad agar Hasil Panen Diminati Konsumen

Pertanianku — Avokad atau alpukat termasuk buah yang sangat familiar di Indonesia. Faktanya, permintaan avokad terus merangkak naik dalam beberapa tahun terakhir. Kenaikan disebabkan oleh banyaknya pegiat gaya hidup sehat, masyarakat yang menerapkan ketofastosis untuk menjaga bobot tubuh, dan meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap kesehatan. Permintaan yang tinggi membuat peluang usaha budidaya avokad cerah. Namun, peluang tersebut harus ditangkap dengan hasil panen berkualitas.

budidaya avokad
foto: Trubus

Untuk itu, Anda yang berminat dengan peluang usaha budidaya avokad, sebaiknya ketahui langkah budidaya avokad yang tepat seperti di bawah ini.

Lokasi budidaya yang tepat

Langkah pertama yang sangat penting adalah mencari lokasi budidaya yang tepat. Tanaman avokad sebenarnya bisa ditanam di dataran rendah hingga dataran tinggi. Ketinggian tersebut perlu disesuaikan dengan jenis avokad yang akan dibudidayakan. Misalnya, avokad India Barat dapat ditanam pada ketinggian 0–600 m dpl, sedangkan avokad Meksiko bagus ditanam pada ketinggian 1.000–3.000 m dpl.

Semua jenis avokad menyukai tanah yang tidak mengandung cadas keras atau tandus. Tanaman tidak tahan terhadap genangan air dalam waktu yang lama, tetapi menyukai daerah beriklim basah dengan curah hujan 1.500–3.000 mm/tahun.

Bibit avokad

Bibit yang digunakan harus sehat dan bagus. Sebaiknya, jangan gunakan bibit yang terserang penyakit karena pertumbuhannya akan kurang maksimal. Umumnya, tanaman avokad diperbanyak dengan okulasi atau sambung pucuk.

Budidaya avokad

Proses budidaya diawali dengan pengolahan lahan, lalu penanaman bibit. Penanaman yang dilakukan saat menjelang musim hujan dapat memudahkan proses perawatan. Selama masa pemeliharaan, tanaman perlu diberikan pupuk sesuai dengan umur tanaman. Pemangkasan tanaman avokad hanya perlu dilakukan untuk membentuk pohon.

Bila menggunakan bibit okulasi, tanaman akan berbuah pada umur 5–6 tahun, sedangkan bibit dari biji baru berbuah pada umur 9–12 tahun.

Baca Juga:  Kementan Minta Pemda Proteksi Harga TBS Pekebun

Panen, pascapanen, dan pemasaran

Kualitas buah yang didapatkan juga bisa dipengaruhi oleh cara panen dan penanganan pascapanen. Untuk itu, Anda harus mengetahui cara menangani buah avokad yang benar agar buah dapat sampai ke tangan konsumen dalam keadaan baik. Buah yang berkualitas akan lebih mudah dipasarkan dengan harga yang bagus. Kelas Trubus: Sukses Kebunkan Avokad dan Kiat Buka Pasar akan menyajikan beragam informasi penting dalam budidaya avokad.

Kelas Trubus akan mengajarkan beberapa hal penting, mulai dari pemilihan bibit dan jenis yang laku di pasaran, pemilihan lokasi budidaya, persiapan lahan, panen dan pascapanen, pengaturan jadwal panen, kiat untuk menembus pasar modern, hingga strategi pemasaran yang tepat. Segera dapatkan tiketnya dengan berkunjung ke www.kelastrubus.id atau hubungi WhatsApp admin Kelas Trubus.