Langkah Tepat Memelihara Tanaman Tomat dari Serangan Hama dan Penyakit

Pertanianku — Salah satu permasalahan yang kerap dialami petani ketika budidaya tanaman tomat adalah serangan hama dan penyakit. Serangan tersebut dapat menyebabkan pertumbuhan tomat terhambat sehingga tidak bisa menghasilkan buah dengan maksimal. Sebetulnya, serangan tersebut bisa dicegah dengan pemeliharaan yang benar. Berikut ini cara memelihara tanaman tomat untuk menjaga tanaman dari serangan hama dan penyakit

memelihara tanaman tomat
foto: Pixabay

Kenali hama dan penyakit terlebih dahulu

Untuk memberantas hama dan penyakit, Anda harus mengenali jenis hama dan penyakitnya terlebih dahulu. Jenis hama tomat yang sering ditemui adalah ulat penggerek buah (Heliothis sp,) dan ulat tanah (Agrotis sp). Ulat tanah ini mematahkan tanaman muda dan bisa diberantas dengan Rhocap 10 G 0,1 persen di sekitar tanaman. Sementara itu, ulat penggerek buah diberantas dengan Decis 2,5 EC 0,2 persen.

Penyakit tanaman tomat yang disebabkan oleh cendawan adalah penyakit damping off, busuk daun, dan layu. Cendawan yang menyebabkan penyakit ini adalah Rhizoctonia sp. dan Pythium sp. Penyakit ini sering mengancam tanaman di persemaian dan bisa dicegah dengan penyemprotan Dithane M-45 0,2 persen sebelum penyakit muncul.

Cendawan lain yang kerap menyerang ialah Phytophtora infestans yang menyebabkan penyakit busuk daun atau cacar daun. Penyakit ini dapat menyebabkan buah dan daun menjadi kering dan busuk. Penyakit busuk daun dapat diobati dengan Benlate 0,1—0,2 persen, Antracol, atau Dithane M-45 0,2 persen.

Penyakit tanaman tomat juga bisa disebabkan oleh virus keriting dan Tobacco Mosaic Virus atau blorok. Penyakit ini disebarkan oleh serangga kutu daun dan belum bisa diberantas.

Waspada terhadap cacing

Cacing yang berbahaya bagi tanaman tomat adalah nematode bintil akar yang kerap muncul pada tanah yang masam dengan pH 4—5. Hama ini sering menyebabkan akar-akar tomat berbintil, tanaman lemah, dan produksi menurun.

Baca Juga:  Kiat Mengatasi Serangan Ulat Api yang Menyerang Tanaman Kelapa Sawit

Kenali penyebab jenis penyakit

Penyakit damping off dan penyakit layu sering disebabkan oleh pupuk kandang yang belum matang. Penyebaran penyakit dapat dilakukan dengan mencabut atau membakar tanaman yang sudah terserang. Pencegahan lain yang bisa dilakukan ialah melakukan rotasi tanaman, menjaga kebersihan tanaman, dan menggunakan varietas yang tahan penyakit.