Langkah Tepat Mengatasi Kambing Keracunan

Pertanianku Kambing keracunan merupakan salah satu masalah kesehatan yang menjadi penyebab usaha ternak terhambat. Keracunan bisa disebabkan oleh pakan hijauan yang dikonsumsi kambing mengandung racun. Kambing yang mengalami keracunan akan menunjukkan gejala berupa kejang-kejang, mulut berbusa, selaput lendir mata berwarna kebiru-biruan, dan kotoran bercampur darah. Bahkan, tak jarang kambing yang sudah keracunan parah dapat mati mendadak.

kambing keracunan
foto: Pertanianku

Keracunan harus segera ditangani. Itu sebabnya, sebisa mungkin penyakit ini dideteksi lebih dini. Bila tingkat keracunan masih belum terlalu parah, Anda bisa menyelamatkan kambing dengan memberikan tablet norit atau air kelapa untuk menghindarkan kambing dari risiko kematian.

Namun, bila keracunan telat diketahui sehingga sudah akut, kondisi kambing sulit ditolong. Kondisi ini sering terjadi ketika kambing sudah keracunan selama lebih dari 3 jam. Oleh karena itu, Anda harus mengontrol kondisi kesehatan kambing secara rutin setiap hari. Dengan begitu, semua penyakit yang menyerang, tidak hanya keracunan, bisa ditangani lebih dini sebelum parah.

Apabila Anda belum yakin untuk memberikan penanganan yang tepat, segera hubungi petugas kesehatan hewan agar kambing mendapatkan perawatan di bawah pengawasan medis.

Keracunan bisa dicegah dengan tidak memberikan kambing pakan hijauan yang mengandung racun. Pakan hijauan yang mengandung racun adalah daun singkong segar dan hijauan yang masih muda. Pencegahan juga dilakukan dengan memperhatikan area gembala. Jangan sampai di area gembala terdapat pakan hijauan yang berbahaya bagi ternak.

Gembalakan kambing jauh dari sawah atau ladang yang sedang dilakukan pemupukan atau penyemprotan pestisida. Hal ini bertujuan agar tidak ada pupuk atau pestisida yang masuk ke tubuh kambing. Pasalnya, keracunan juga bisa disebabkan oleh hijauan yang dikonsumsi terkontaminasi pestisida, bakteri, virus, dan parasit.

Baca Juga:  Penggemukan Sapi dengan Kombinasi Pasture dan Dry Lot Fattening

Daun singkong sebenarnya bisa diberikan pada kambing. Akan tetapi, daun singkong dan pakan hijauan lain sebaiknya dilayukan terlebih dahulu atau dikeringkan selama 3–4 jam. Setelah itu, pakan baru aman diberikan kepada kambing.