Langkah Tepat Mengatasi Mata Bengkak pada Ikan Cupang

Pertanianku— Perubahan fisik yang terjadi pada tubuh ikan cupang Anda dapat menjadi salah satu pertanda bahwa adanya serangan penyakit yang sedang menimpa ikan. Itu sebabnya Anda perlu melakukan perawatan secara rutin untuk memerhatikan kondisi perkembangan tubuh ikan. Salah satu kondisi fisik yang tidak wajar adalah mata bengkak pada ikan cupang.

mata bengkak
foto; Pertanianku

Kondisi mata yang bengkak sering disebut sebagai pop eye. Ternyata, kondisi tersebut merupakan pertanda dari penyakit mata bengkak yang harus diwaspadai karena dapat bertambah semakin parah apabila tidak segera ditangani.

Kondisi pembengkakan dapat terjadi pada hanya satu mata atau dua mata sekaligus. Bengkak yang terjadi pada satu mata tidak disebabkan oleh infeksi, tetapi harus tetap mendapatkan perawatan insentif agar bengkak tersebut tidak semakin parah. Bengkak tersebut sering disebabkan oleh masalah fisik seperti habis bertarung dengan ikan lain, terbentur salah satu sisi akuarium, atau ikan terluka ketika dipindahkan dengan jaring.

Sementara itu, bengkak yang terjadi pada kedua mata karena adanya infeksi parasit, jamur, atau bakteri.

Ikan cupang yang mengalami pembengkakan pada mata biasanya gerakannya akan berlangsung pasif, bagian sirip menguncup, ikan kehilangan nafsu makan, dan warna tubuhnya memudar. Warna pada mata juga mengalami perubahan, mata berubah menjadi keruh atau terlihat seperti susu ketika kornea mata sudah pecah. Terkadang, juga terlihat lumuran darah yang keluar dari mata, biasanya kondisi tersebut sering dikaitkan dengan agresi fisik.

Ikan yang sudah terjangkit penyakit akan cenderung mendiami satu sudut akuarium dan lebih memilih menghindari ikan lain. Hal ini karena ikan kekurangan energi sehingga tidak mampu berenang seperti biasa.

Pada kondisi yang cukup parah, mata hampir terlihat keluar, nyaris seperti ikan mas koki.

Baca Juga:  Kelebihan Bisnis Pembesaran Lele

Jika ikan cupang Anda sudah teridentifikasi mengalami pembengkakan pada mata, segera lakukan pengobatan dengan mengarantina ikan pada kolam atau wadah khusus. Berikan antibiotik khusus ikan dan garam ikan.

Air kolam karantina perlu diganti setiap tiga hari sekali sembari terus menjalankan program pengobatan hingga bengkak pada mata ikan kembali sembuh.