Larutan Ozon untuk Membuat Cabai Tahan Lebih Lama

Pertanianku— Panen dan pascapanen yang baik dapat menyebabkan kualitas cabai seragam, segar, dan tahan lama. Salah satu permasalahan produsen cabai adalah buah cabai mudah mengalami penurunan kualitas. Kondisi ini dapat menyebabkan kehilangan hasil sebesar 20–40 persen. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tadi adalah merendam cabai ke dalam larutan ozon agar cabai tahan lama.

kualitas cabai
foto: Pertanianku

Perendaman cabai ke dalam larutan ozon juga dapat meluruhkan sisa pestisida yang menempel sekaligus menghambat perkembangan penyakit patek yang disebabkan oleh antraknosa. Berikut ini cara merendam cabai ke dalam larutan ozon.

  1. Panen cabai keriting yang telah berwarna merah lebih dari 50 persen. Jangan panen cabai yang masih hijau karena bisa mengurangi harga jual.
  2. Letakkan hasil panen di keranjang plastik berkapasitas 20 kg. Upayakan sirkulasi terjaga sehingga cabai tidak berjejalan.
  3. Rendam cabai ke dalam air berkadar klorin 1 ppm di mesin ozon berkapasitas 100 kg selama 15 menit.
  4. Keringkan cabai hingga tidak ada air yang tersisa di permukaan buah. Cabai hasil perendaman ozon akan tampak lebih segar dan cerah.
  5. Tata cabai di dalam kardus berkapasitas 20 kg yang memiliki 36 lubang. Ukuran diameter lubang 2,5 cm.
  6. Cabai siap dikirim menggunakan mobil berpendingin pada suhu 12–15C dengan tingkat kelembapan udara 85 persen. Pengiriman sebaiknya dilakukan pada malam hari.

Perlakuan ozon dan penyimpanan pada suhu yang rendah mampu menghambat respirasi dan transpirasi cabai sehingga kehilangan air juga berjalan lebih lambat. Dampaknya, kehilangan hasil bisa ditekan hingga 10 persen.

Melalui perlakuan pascapanen yang benar, mutu cabai akan tetap terjaga, baik dari warna, tekstur maupun kesegarannya.

Kasus kehilangan hasil cabai keriting di Indonesia tergolong tinggi. Kehilangan hasil tidak hanya disebabkan oleh perlakuan pascapanen yang buruk, tetapi juga karena rantai pasar yang terlalu panjang.

Baca Juga:  Cara Budidaya Bawang Prei

Kebutuhan cabai segar sangat besar dengan harga yang berfluktuasi setiap tahunnya. Hal ini karena masyarakat menyukai cabai segar untuk membuat beragam bumbu dan hidangan. Oleh karena itu, teknologi perendaman larutan ozon dapat memenuhi kebutuhan pasar sekaligus meningkatkan penghasilan petani.