Lebih Baik Mengonsumsi Buah Utuh Langsung atau Jus Buah?

Pertanianku — Sebagian orang lebih suka mengonsumsi buah yang sudah dijus karena dinilai lebih lezat, menyegarkan, dan mudah, meskipun menyiapkan alat blender serta menjus buahnya cukup repot. Namun, ada sebagian orang lain yang lebih suka mengonsumsi buah utuh langsung tanpa perlu dijus. Sebenarnya lebih baik mana, mengonsumsi jus buah atau buah utuh langsung?

jus buah
foto: pixabay

Jika zaman dulu orang hanya mengenal buah sebagai asupan tambahan yang memenuhi menu utama. Seiring bergantinya zaman, mulai banyak penelitian yang menunjukkan bahwa buah merupakan komponen utama untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh setiap harinya. Ada banyak kandungan nutirisi yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga buah sudah seharusnya menjadi asupan utama.

Sebagian besar buah mengandung anti-oksidan yang tinggi, kandungan tersebut sangat berguna untuk menghancurkan dan mencegah berkembangnya radikal bebas yang masuk ke tubuh sekaligus memperbaiki sel tubuh yang rusak.

Loading...

Sudah banyak informasi mengenai khasiat buah untuk penyakit-penyakit tertentu, dan bahkan saat ini untuk melindungi tubuh dari paparan virus Anda memerlukan peranan buah. Terapi yang menggunakan buah sangat bermanfaat menyembuhkan penyakit karena buah berperan untuk mengembalikan vitalitas tubuh. Tak hanya kandungan zat gizi yang tinggi, rasa buah pun sangat lezat dan segar.

Saat ini sudah banyak masyarakat yang mulai menyadari kandungan buah sehingga banyak yang mengonsumsi buah menjadi makanan utama. Cara menikmati buah pun semakin beragam. Ada yang diolah menjadi jus buah, es buah, salad buah, atau mengonsumsinya langsung. Sebenarnya cara konsumsi mana yang tepat untuk mendapatkan nutrisi buah secara optimal?

Mengonsumsi secara langsung tanpa diolah memang bagus karena risiko kehilangan nutrisi akibat pengolahan bisa diminimalisir. Namun, ternyata lebih baik mengonsumsi buah yang sudah diolah menjadi jus. Hal ini dikarenakan dinding sel buah yang dijus sudah hancur sehingga bisa memudahkan tubuh untuk mencerna dan menyerap nutirisi di dalam tubuh.

Baca Juga:  Resep Aneka Wedang yang Sangat Mudah

Semua jenis buah bisa diolah menjadi jus dan bisa ditambahkan dengan pemanis alami seperti madu atau diberikan perasan air jeruk lemon agar lebih segar. Namun, dalam pembuatan jus buah Anda harus memperhatikan beberapa hal.

Beberapa hal tersebut adalah buah yang digunakan sudah harus matang dan dalam keadaan segar. Sebaiknya, gunakan buah yang berasal dari pertanian organik yang bebas dari pestisida atau pastikan buah sudah dicuci bersih sehingga tidak ada pestisida yang masih melekat.

Anda bisa membuat jus buah dengan aneka rasa dan mengombinasikan beberapa macam jenis buah dalam satu gelas. Dengan begitu, rasa yang didapat akan semakin lezat dengan kandungan nutrisi yang semakin banyak.

 

 

Loading...
Loading...