Lebih Dekat dengan Mante, Suku Pedalaman di Aceh


    Pertanianku – Suku Mante belum lama ini menjadi perbincangan hangat ditengah-tengah masyarakat karena viral di sosial media usai sekelompok komunitas motor Trail menangkap sosok misterius yang sangat lincah yang berada di hitan Aceh. Orang Mante dipersepsikan punya tubuh kecil, pemalu, dan misterius.

    Orang Mante atau Suku Mante dianggap sebagai orang asli Aceh sebelum para pendatang tiba di Tanah Rencong tersebut dan membentuk masyarakat Aceh modern. “Memang ini adalah salah satu suku yang dianggap sebagai suku tertua orang Aceh,” tutur arkeolog dari Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, Husaini Ibrahim, seperti melansir detik.com, (27/3).

    “Suku Mante ini sudah tidak ada lagi. Berdasarkan penuturan lisan di masa lalu, suku Mante ini berukuran kecil,” jelas sejarawan Aceh, Rusdi Sufi.

    Rusdi mengatakan Suku Mante ada jauh hari sebelum Islam masuk ke Indonesia pada abad 12. Suku ini biasanya berada di hutan belantara.

    “Memang biasanya ada di hutan belantara,” lanjutnya.

    Namun, seiring perkambangan peradaban, lebih lanjut Rusdi mengatakan bahwa Suku Mante merupakan suku primitive sudah tidak ada lagi ditambah lagi sudah masuknya masyarakat pendatang.

    “Ada yang bilang, Mante ini merupakan suku Aceh yang asli. Tapi yang jelas sekarang identitas orang Aceh ini sudah sulit. Sudah bercampur menjadi satu,” tambahnya.

    loading...
    loading...