Lebih Dekat dengan Moster, Rempah dari Biji Sawi

Pertanianku — Di Indonesia, rempah moster memang tidak banyak digunakan. Akan tetapi, penggunaan remah ini sebagai bumbu sudah tersebar luas hingga Eropa. Moster disebut sebagai mosterd dalam bahasa Belanda dan mustard dalam bahasa Inggris.

rempah moster
Foto: unsplash

Moster berasal dari biji tanaman sesawi. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), moster terbuat dari biji moster hitam, yaitu Brassica nigra. Namun dalam praktiknya, moster bisa terbuat dari biji moster jenis lain.

Bahan baku moster selain biji moster hitam antara lain biji moster putih atau Sinapis alba. Selain itu, biji moster cokelat atau Brassica juncea juga bisa digunakan. Moster cokelat sering juga disebut moster India karena banyak dibudidayakan di negara tersebut.

Loading...

Tanaman moster tersebut masih berkerabat dekat dengan berbagai tanaman sayur lain. Misalnya, sawi, kanola, dan kubis. Biji-bijian dari tanaman tersebut juga bisa diolah jadi rempah moster. Sayangnya, rasa dan aromanya kurang diminati karena dinilai kurang terasa.

Pembuatan bumbu ini pun sederhana. Biji moster yang sudah dipisahkan dari tanamannya dihaluskan. Setelah halus, biji diencerkan dengan air. Beberapa bahan lain ditambahkan agar warna atau bentuknya lebih menarik, seperti cuka dan tepung.

Sebagai contoh moster siap pakai yang sangat umum beredar di pasaran Eropa. Moster tersebut berwarna kunyit karena tambahan pewarna dari rempah kunyit. Selain itu, terdapat jenis moster prancis yang tidak digiling dengan halus sehingga warnanya cenderung gelap. Moster lain yang ditambahkan perasa adalah moster dijon. Moster ini diberi tambahan rempah lain, salah satunya adalah cengkih.

Moster memiliki rasa agak pedas dan agak mneyengat. Sensasi ini akan terasa di lidah dan langit-langit mulut. Anda juga akan merasakan sensasi yang hampir mirip jika mengonsumsi wasabi.

Baca Juga:  Ciri-ciri Tanah Pertanian yang Subur

Perbedaan komposisi bahan utama moster akan memberikan sensasi rasa yang berbeda. Moster putih akan terasa lebih lembut. Sementara, moster hitam memiliki rasa yang paling pedas dan menyengat.

Beberapa jenis moster yang paling terkenal adalah moster dijon, moster meaux, moster inggris yang dibuat di Norwegia, dan moster tewkesbury. Anda bisa membeli rempah moster dalam kemasan botol atau tube.

Moster kemasan tersebut biasanya merupakan moster siap pakai. Bentuknya berupa cairan kental seperti pasta atau saus berwarna kuning kecokelatan. Rasanya yang panas biasanya dipadukan oleh warga Jerman sebagai teman menyantap sosis. Jika tidak biasa mengonsumsi moster yang pedas ini, biasanya orang yang mencicipi sampai bisa menangis. Meskipun demikian, tidak semua orang Eropa suka makan moster.

Loading...
Loading...