Legundi, Tanaman Berkhasiat nan Cantik

PertaniankuLegundi atau Vitex trifolia terkenal berkhasiat sehingga sering dijadikan sebagai bahan obat herbal. Tanaman ini tumbuh seperti semak atau pohon kecil. Bagian yang biasa dimanfaatkan untuk obat herbal adalah daun, buah, dan batang.

legundi
foto: By Tauʻolunga – Own work, CC BY-SA 3.0, https://commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=2342572

Pada bagian daun, buah, dan batang terdapat kandungan minyak atsiri, L-pinen, kamfen, terpenik, asetat, diterpena, mavonoid, aukubin, agnusit, kastisin orientin, iso orientin, dan luteolin 7-glukosida.

Seluruh kandungan yang terdapat di dalam tanaman legundi berkkhasiat untuk menyembuhkan penyakit eksim, kejang perut, kudis, batuk, luka, radang, amandel, demam nifas, beri-beri, batuk rejan, gangguan haid, pusing, tifus, dan TBC.

Sebanyak 15 gram daun legundi segar yang direbus bersama satu gelas air selama 15 menit berguna sebagai obat cacingan. Sebelum diminum, rebusan tersebut harus diperas dan disaring.

Untuk mengatasi batuk, tanaman legundi diracik bersama beberapa bahan lain sebagai obat herbal. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah 5 gram daun legundi, 6 gram kencur, 5 gram kunyit, dan 115 ml air. Seluruh bahan tersebut direbus dan air rebusan bisa diminum menjadi obat batuk.

Daun tanaman juga bisa digunakan sebagai obat sakit perut bagi penderita nyeri limpa. Satu genggam daun ditumbuk hingga halus, lalu diberikan sedikit cuka.

Untuk menghilangkan sakit tenggorokan, daun dapat direbus dengan 110 ml air, lalu gunakan air tersebut untuk berkumur-kumur sebanyak satu hari sekali saat air rebusan masih hangat. Cara ini perlu Anda lakukan selama tujuh hari hingga sakit tenggorokan menghilang.

Sampai saat ini belum ada literatur yang membahas efek samping dari penggunaan tanaman legundi sebagai obat herbal. Namun, sebaiknya ibu hamil dan sedang menyusui jangan menggunakan obat herbal dari tanaman herbal ini. Anak-anak diwajibkan mengonsumsi obat herbal legundi di bawah pengawasan dokter atau herbalis.

Baca Juga:  Mengatasi Sembelit dengan Ramuan Herbal

Di Indonesia, daun tanaman legundi sering dipakai untuk mandi, dilarutkan ke dalam alkohol, atau berguna sebagai obat gangguan usus. Sementara itu, buahnya bermanfaat sebagai antemintik.