Lemahnya Promosi, Ekspor Pertanian RI Macet!


Pertanianku – Salah satu kendala yang membuat komoditas pertanian di tanah air khususnya sulit menembus pasar ekspor adalah masih lemahnya upaya promosi yang dilakukan oleh pemerintah.

Lemahnya Promosi, Ekspor Pertanian RI Macet

Dilansir dari Jitunews, Rabu (30/3), menurut Hamdhani Anggota Komisi IV DPR RI, “Kita kurang sekali berpromosi, lobi-lobi ke negara lain untuk bisa memasukkan barang kita ke negara mereka. Sementara negara-negara lain sudah melihat Indonesia sebagai pasar yang besar.”

Hamdhani pun cukup menyayangkan negara-negara lain melihat Indonesia sebagai pangsa pasar besar dan memasukkan barang-barang ke tanah air dengan mudahnya. Sementara itu, di sisi lain, Indonesia cukup kesulitan memasukkan barang ke negara lain.

Padahal, potensi pertanian Indonesia sebenarnya sangat besar, tetapi pemanfaatannya belum dikerahkan secara maksimal. Oleh karena itu, Hamdhani berharap agar pemerintah Indonesia terus melakukan promosi ke sejumlah negara-negara yang dianggap potensial sehingga upaya rencana ekspor di sektor pertanian terus meningkat dari tahun ke tahun.

“Jangan hanya mengandalkan komoditas hortikultura dan perkebunan saja, tapi ke depannya kita harus bisa mengandalkan sektor di bidang pertanian,” ungkap Hamdhani.

Baca Juga:  Instalasi Karantina Hewan Terbesar di Indonesia Diresmikan di Pangkalan Bun
loading...
loading...