Lengkeng Matalada, Lengkeng Manis yang Bagus Dijadikan Tabulampot

Pertanianku Lengkeng matalada sekilas terlihat sama seperti buah lengkeng pada umumnya, hanya saja warna buah ini lebih putih sehingga lebih mirip buah duku. Buah lengkeng yang sekilas tampak berbeda dengan buah lengkeng pada umumnya sangat cocok ditanam di tanah ataupun di pot. Pemeliharaan yang dilakukan untuk membuat pohon berbuah tidak begitu sulit.

lengkeng matalada
foto: pixabay

Buah lengkeng unggulan ini memiliki tajuk yang rimbun. Jika sosok pohon dipadukan dengan buah lengkeng matalada yang berwarna putih dan berukuran besar, akan terlihat sangat menarik ketika ditanam di tanah ataupun di pot sebagai tabulampot.

Sifat unggul lain dari lengkeng jenis ini adalah bijinya yang kecil, seukuran lada. Oleh karena itu, dinamakan matalada. Ukuran buah lengkeng yang berasal dari Serawak ini terbilang cukup besar dengan diameter 2,5—3 cm.

Selain berukuran besar dengan ukuran biji yang kecil, rasa buah lengkeng ini juga sangat nikmat dan harum. Daging buah lengkeng berukuran tebal, berwarna putih, dan teksturnya renyah karena airnya sedikit. Rasa buah lengkeng berbiji kecil ini sangat manis.

Lengkeng ini juga terkenal cepat berbuah. Tanaman sudah bisa berbuah ketika berumur dua tahun setelah ditanam. Keunggulan lain dari buah lengkeng ini ialah tidak memerlukan tindakan perangsang untuk pembuahan karena bisa berbuah dengan sendirinya. Lengkeng ini memang terkenal sebagai buah yang mudah berbuah.

Lengkeng matalada pertama kali masuk ke Indonesia pada 2009. Saat itu tanaman lengkeng ini dibawa oleh Ir. Wiwik Wijayahadi, pekebun buah asal Yogyakarta. Ketika ditanam di Indonesia, pohon lengkeng tersebut ternyata bisa tumbuh dengan baik. Selanjutnya, pohon buah lengkeng matalada diperbanyak untuk dikomersialkan.

Saat ini Anda sudah bisa mendapatkan bibit lengkeng matalada dengan mudah di toko-toko pertanian terdekat. Pastikan Anda membeli bibit buahnya di toko pertanian tepercaya untuk mendapatkan bibit buah yang berkualitas, salah satunya di Toko Trubus. Sebagai solusi pertanian, Toko Trubus menyediakan bibit lengkeng matalada berkualitas unggul. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa langsung menghubungi WhatsApp admin Toko Trubus.

Baca Juga:  Limbah Jambu Mete Berpotensi Jadi Pestisida Nabati

Lengkeng matalada dapat tubuh dengan optimal di dataran rendah dengan iklim panas yang bersuhu 30—35°C. Jenis tanah yang disukai buah ini adalah gembur dan kaya dengan kandungan organik.

 


loading...