Lengkeng Matalada, Tanaman Buah yang Mudah Berbuah di Jakarta

Pertanianku — Penentuan jenis tanaman yang dapat ditanam di Jakarta memang tidak mudah karena tidak semua tanaman buah cocok dengan kondisi kota yang berada di dataran rendah. Salah satu tanaman buah yang mudah ditanam di Jakarta ialah lengkeng matalada.

 lengkeng matalada
foto: Toko Trubus

Tanaman lengkeng matalada terkenal mudah berbuah meskipun ditanam di pot. Hal tersebut dapat mempermudah para hobiis tanaman buah melakukan perawatan dan mendapatkan hasil dari tanaman buah tersebut.

Lengkeng matalada yang ditanam di pot rata-rata sudah mulai memasuki berbuah atau belajar berbuah saat berumur satu tahun. Pada fase belajar berbuah, buah yang dihasilkan memang belum begitu bagus dan biasanya tidak dikonsumsi. Produksi buah tanaman masih belum stabil. Ukuran biji yang dihasilkan terkadang masih terbilang besar, padahal matalada terkenal dengan ukuran biji yang kecil. Selain itu, kondisi buah belum bagus.

Tanaman baru benar-benar bisa menghasilkan panen buah setelah berbuah sebanyak tiga sampai empat kali atau saat tanaman berumur tiga tahun. Saat itu produksi buah sudah lebih stabil sehingga buah yang dihasilkan lebih bagus. Namun, kondisi tersebut tidak mutlak karena bergantung pada cara perawatan yang diberikan oleh pemiliknya.

Agar tanaman cepat berbuah, Anda hanya perlu memberikan pupuk tanaman secara rutin serta menempatkan tanaman di tempat yang mendapatkan sinar matahari.

Pupuk yang dibutuhkan oleh tanaman matalada yang masih dalam pertumbuhan vegetatif atau sebelum berbunga dan berbuah adalah pupuk dasar berupa kompos minimal sebanyak 10 kg. Selanjutnya, tanaman perlu diberikan pupuk susulan berupa NPK seperti pupuk NaFos dan Fullgro.

Pupuk susulan tersebut perlu diberikan setiap dua bulan sekali dengan dosis 50 gram. Pupuk diberikan dengan cara ditabur pada jarak 20 cm dari batang.

Baca Juga:  Kenal Lebih Jauh dengan Lengkeng Hawae yang Berkulit Putih

Setelah tanaman sudah memasuki fase generatif atau sudah berumur satu tahun, pupuk yang diberikan adalah pupuk NaFos. Pupuk NaFos bermanfaat merangsang bunga pada tanaman yang sudah dewasa, sedangkan untuk tanaman yang masih kecil berfungsi sebagai pembentukan akar. Anda juga dapat menambahkan pupuk kimia lain untuk memenuhi kebutuhan unsur hara tanaman.

Pupuk tersebut diberikan saat sebelum jadi buah, setelah bakal jadi buah, dan ketika buah sudah dewasa.

Untuk bertanam lengkeng matalada, Anda bisa mendapatkan bibit lengkeng matalada berkualitas di Toko Trubus. Selain menyediakan bibit lengkeng berkualitas, terdapat pula beragam keperluan bertanam di rumah, mulai dari benih dan bibit tanaman, pupuk dan pestisida, hingga perlengkapan berkebun lainnya. Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi WhatsApp admin Toko Trubus atau mengunjungi lokasi Toko Trubus terdekat di kota Anda.