Aloe Vera, Tanaman Hias dengan Sejuta Manfaat


Pertanianku — Apakah Anda kurang puas dengan penampilan hunian yang hanya dipenuhi dengan furniture plastik dan kayu? Jika ya, coba tambahkan hiasan pada rumah Anda berupa tanaman dalam pot. Laman properti Elledecor memberikan contoh tanaman aloe vera (lidah buatya).

aloe vera
Foto: Pixabay

Anda bisa menemukan aloe vera atau lidah buaya dengan mudah. Coba saja Anda bermain ke kampung halaman kakek, nenek, paman, atau bibi, mungkin di sekitar kebun mereka ada tanaman lidah buaya.

Lidah buaya memang kerap kali ditanam sebagai bagian dari tanaman obat keluarga. Menurut Elledecor, tanaman ini memiliki kekuatan untuk menyembuhkan beberapa penyakit.

Dilansir dari National Institute of Health, aloe vera memang merupakan tanaman obat. Pada era Mesir kuno, tanaman ini disebut-sebut sebagai tumbuhan keabadian dan digunakan untuk menyembuhkan luka.

Saat ini, tanaman lidah buaya sering digunakan untuk mengobati luka bakar akibat sengatan sinar matahari dan luka bakar lainnya. Sebab, di Amerika Serikat, aloe vera memang berguna untuk itu.

Lantas, bagaimana dengan di Indonesia? Di Tanah Air sendiri, tanaman ini diekstrak untuk dijadikan minuman lidah buaya. Apakah Anda sudah mencicipinya? Saat ini banyak tempat makan yang menyediakan minuman ini.

Selain itu, tanaman lidah buaya juga bisa diambil ekstraknya untuk perawatan kulit dan perawatan rambut. Ekstrak lidah buaya dipercaya bisa memberikan efek lembut pada kulit ataupun rambut.

Nah, kegunaan lidah buaya cukup banyak bukan? Untuk itu, Anda bisa menempatkan tanaman ini dalam pot kecil. Selain untuk mempercantik tampilan rumah, lidah buaya yang Anda tanam juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan kesehatan.

Sementara itu, bentuk lidah buaya yang minimalis akan tetap indah dipandang. Tanaman ini dapat ditempatkan di ruang tamu, ruang duduk, ruang keluarga, dan lainnya. Jangan lupa untuk menyiram dan membawanya ke luar rumah secara berkala.

Baca Juga:  Tumbuhan Penghasil Uang Ini Wajib Anda Tanam