Lidah Mertua Silindris, Tanaman Hias Berkhasiat Merangsang Pertumbuhan Rambut

Pertanianku Lidah mertua silindris Sansevieria cylindrical Bojer merupakan tanaman hias populer yang digemari banyak orang karena bentuknya yang unik. Tanaman ini sering ditanam di pot dan dijadikan sebagai interior desain rumah. Selain cantik, sebenarnya lidah mertua silindris berkhasiat sebagai obat herbal.

lidah mertua silindris
foto: Pixabay

Tanaman lidah mertua silindris memiliki daun berbentuk silinder, tegak panjang, dan tajam. Daunnya berwarna hijau tua dan berbelang abu-abu. Tampilannya yang tegak membuat daun tanaman lebih mirip batang sukulen karena daunnya menyimpan sedikit air meski terasa keras.

Tanaman hias ini sebenarnya memiliki bunga. Sayangnya, bentuk bunganya tidak begitu bagus sehingga jarang ditampilkan. Bunga tanaman muncul memanjang dari celah daun.

Bagian yang bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal adalah batang. Di dalam batang tanaman terdapat (25S)-ruscogenin, 4-0-methyl-glucuronic-acid, beta-sitosterol, d-oxylose, serat, hemiselulosa, n-butyl-4-OL-N-propyl-phthalate, neorucogenin, sanseviergenin, abamagenin, dan saponin.

Merangsang pertumbuhan rambut dengan tanaman ini cukup mudah. Anda hanya perlu menghancurkan daun sansevieria, kemudian ambil getahnya dan balurkan ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala. Diamkan selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih.

Penggunaan sansevieria sebagai penyubur rambut sebenarnya tidak akan menimbulkan efek samping yang berbahaya. Akan tetapi, ada baiknya Anda menggunakan dalam batas wajar dan hentikan ketika rambut sudah tumbuh subur.

Sansevieria sendiri merupakan tanaman hias yang mampu menyerap 107 polutan di udara. Hal ini karena tanaman hias ini mengandung bahan aktif pregnan glikosida yang dapat menyerap dan menguraikan polutan menjadi asam organik, gula, dan beberapa senyawa asam amino. Dengan begitu, udara di sekitar rumah atau di dalam ruangan bisa terasa lebih segar dan sehat.

Penampilan lidah mertua akan tambah cantik apabila ditanam di pot berwarna putih. Anda akan melihat perpaduan warna hijau dan putih yang begitu kontras tetapi cantik. Cocok untuk dijadikan tanaman hias ruangan minimalis atau ruangan dengan tema industrialis.

Baca Juga:  Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Mengonsumsi Bawang Putih

 

 

 


loading...