Lima Keunggulan Memelihara Ikan Koi

Pertanianku — Memelihara ikan hias dapat mengurangi kepenatan. Melihat ikan-ikan tersebut berenang di kolam atau akuarium menjadi hiburan tersendiri bagi orang yang melihatnya. Biasanya, ikan yang dipelihara adalah jenis ikan air tawar atau air laut. Dari beberapa jenis ikan air tawar, ada beberapa keunggulan memelihara ikan koi.

keunggulan memelihara ikan koi
Foto: Pertanianku

Mudah beradaptasi

Ikan koi merupakan jenis ikan yang mudah beradaptasi. Ia bisa menempati hampir semua tempat. Meskipun demikian, saat pemindahan sebaiknya jangan mengalami perubahan secara drastis. Ikan koi harus melalui masa karantina dan aklimatisasi sebelum diletakkan dalam kolam baru dan tercampur dengan koi lainnya.


Loading...

Koi juga bisa dipelihara di lahan sempit. Jika lahan sempit, air tidak harus diganti setiap hari asalkan ada filtrasi yang tepat. Apabila Anda ingin memelihara ikan koi di kota besar, disarankan untuk tidak menggunakan air tanah karena sudah tercemar oleh polusi.

Warna memengaruhi harga

Koi yang memenangkan kontes bisa dijual dengan harga lebih dari Rp100 juta. Padahal, seekor koi biasa dijual sekitar Rp10.000—Rp100.000 saja. Perbedaan harga tersebut tergantung grade dan kualitas.

Keindahan warna ikan koi bisa didapat apabila memilih anakan ikan koi atau tategoi yang bagus. Jika sudah, ikan tersebut dibudidayakan berdasarkan standard operational procedure agar bisa memenangkan kontes.

Teman seumur hidup

Koi yang dipelihara dengan baik dan benar bisa berumur panjang. Kuncinya adalah dengan merawat kolam dengan baik serta menjaga lingkungan. Filtrasi dan biosekuriti harus dilakukan dengan baik.

Pemberian pakan yang baik pada ikan koi juga harus diperhatikan. Hal ini karena berkaitan dengan kesehatan dan perkembangan ikan koi agar tetap terjaga.

Lembut dan jinak

Ikan koi yang lebih dulu ada di kolam tidak akan menyiksa koi yang baru saja ditambahkan. Hal ini menunjukkan sisi lembut dari koi. Pun jika sudah terbiasa dengan ikan koi tersebut, Anda bisa memberikan pakan secara langsung dengan tangan. Orang-orang juga biasa memberikan nama pada ikan koi peliharaannya.

Baca Juga:  Modal Minim Bisnis Cupang Untung Menggiurkan

Tidak pemilih terhadap perawatannya

Sudah bukan rahasia bila ikan koi adalah peliharaan keluarga. Artinya, satu keluarga bisa turut merawatnya hingga dewasa. Ikan koi tidak akan pilih-pilih dalam perawatannya.

Loading...
Loading...