Lima Makanan Super Ini Terbaik untuk Otak Anda


Pertanianku — Direktur asosiasi klinik pencegahan alzheimer di perguruan tinggi kedokteran Weill Cornell, New York City, Lisa Mosconi mengatakan makanan memengaruhi pikiran, tindakan, emosi juga perilaku kita. Terkait hal ini, ada lima jenis makanan super yang baik untuk otak. Apa sajakah itu?

makanan super
Foto: Pixabay
  1. Ikan berlemak

Seperti dilansir Guardian, ikan berlemak (salmon, makarel, bluefish, sarden, teri) mengandung campuran nutrisi yang sempurna untuk otak, termasuk lemak omega-3, kolin (vitamin B yang dibutuhkan untuk membuat kenangan), vitamin B6 dan B12 (diperlukan untuk mendukung sistem saraf), mineral seperti besi dan magnesium (diperlukan untuk darah dan jaringan yang sehat) dan jumlah protein yang baik.

Penelitian menunjukkan mengonsumsi ikan hanya sekali seminggu dikaitkan dengan 70 persen penurunan risiko alzheimer di usia tua. Dari semua nutrisi yang ada pada ikan, omega-3 tampaknya sangat protektif terhadap demensia. Bagi mereka yang tidak makan makanan laut, sumber alternatif omega-3 termasuk biji rami, minyak zaitun, almond, alpukat, dan makanan nabati lainnya.

  1. Sayuran hijau

Sayuran hijau gelap (bayam, keju swiss, kale dan semua jenis sayuran hijau) dan sayuran silangan (brokoli, kembang kol, kubis) semuanya penuh dengan vitamin, mineral, serat, dan nutrisi yang melawan penyakit yang sangat penting untuk sistem saraf yang sehat.

Studi skala besar menunjukkan orang yang mengonsumsi satu atau dua porsi sayuran ini setiap hari mengalami masalah memori lebih sedikit dan penurunan kognitif daripada orang yang jarang makan sayuran. Cukup makan salad setiap hari membuat otak Anda 11 tahun lebih muda.

  1. Buah beri

Buah beri (terutama blackberry, blueberry, strawberry, raspberry, ceri gelap, goji berry, mulberry) dikemas dengan anti-oksidan yang membantu menjaga memori tetap tajam seiring dengan bertambahnya usia. Mereka juga merupakan sumber serat dan glukosa, sumber energi utama untuk otak. Mereka manis tetapi memiliki indeks glikemik rendah sehingga mereka membantu mengatur kadar gula.

  1. Minyak sayur
Baca Juga:  Menelusuri Manfaat Okra Merah bagi Kesehatan

Minyak sayur extra virgin, terutama minyak zaitun dan minyak biji rami. Ini dipenuhi dengan nutrisi antipenuaan, seperti omega-3 dan vitamin E. Minyak zaitun juga kaya lemak tak jenuh tunggal, sejenis lemak yang baik untuk jantung. Apa yang baik untuk jantung, itu baik untuk otak.

  1. Karbohidrat kompleks

Karbohidrat kompleks seperti gandum utuh, polong-polongan dan ubi jalar, penuh dengan nutrisi pendukung otak dari protein hingga vitamin B, anti-oksidan, dan mineral. Mereka juga merupakan sumber glukosa yang baik dikombinasikan dengan kandungan serat yang tinggi untuk menstabilkan kadar gula darah.

Semakin banyak serat, semakin rendah efek makanan terhadap insulin. Akibatnya, makanan ini meningkatkan metabolisme Anda, mendukung pencernaan yang sehat dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh juga.