Limbah yang Bisa Dibuat Menjadi Kompos

Pertanianku — Limbah merupakan hasil sampingan dari suatu proses yang sering dibuang begitu saja. Namun, semakin berkembangnya zaman, saat ini sudah banyak gerakan untuk memanfaatkan limbah menjadi produk yang lebih berguna untuk menyelamatkan lingkungan. Salah satu produk yang bisa diolah adalah kompos. Ada beberapa bahan limbah yang dibuat menjadi kompos, simak ulasan berikut ini.

kompos
foto: pixabay

Rumah tangga

Aktivitas rumah tangga mampu menghasilkan limbah yang berbentuk sampah rumah tangga Diperkirakan setiap rumah tangga di perkotaan bisa menghasilkan sampah rata-rata 2—3 kg. Oleh karena itu, jika seluruh sampah rumah tangga digabungkan, jumlahnya akan sangat besar. Untuk 1.000 rumah tangga saja sudah menghasilkan sampah rumah tangga 2—3 ton.

Loading...

Sampah rumah tangga terbagi lagi menjadi dua bagian, yaitu sampah organik dan sampah nonorganik. Ada berbagai jenis sampah organik yang bisa diolah kembali menjadi kompos, tetapi ada juga sampah organik yang tidak bisa digunakan untuk membuat kompos. Biasanya, sampah organik yang bisa dibuat menjadi kompos adalah bahan yang mudah hancur.

Sampah organik yang tidak bisa dijadikan bahan kompos adalah sisa makanan matang seperti nasi, daging, tulang, duri-duri ikan, sayur basi, dan produk yang berasal dari susu karena bisa menimbulkan bau dan menjadi bibit penyakit. Jika ingin menggunakan bahan-bahan tersebut, Anda harus menggunakan komposter tipe anaerob yang tanpa udara atau gunakan cacahan nanas untuk meminimalisir bau.

Pertanian

Limbah pertanian merupakan hasil sampingan yang didapatkan dari proses pertanian, limbah tersebut biasanya dibuat menjadi kompos. Limbah yang bisa digunakan adalah jerami, sekam padi, gulma, batang jagung, tongkol jagung, semua bagian vegetatif tanaman, batang pisang, sabut kelapa, dan masih banyak lagi. Jerami merupakan sumber bahan kompos yang paling baik dan sering digunakan di Indonesia.

Baca Juga:  Langkah Mudah Menanam Pare di Pekarangan

Peternakan

Hewan peternakan seperti sapi, kambing, dan ayam menghasilka kotoran yang berbentuk padat dan cair. Kotoran tersebut bisa diguankan sebagai bahan baku kompos. Kotoran yang sudah dikomposkan akan mengalami penyusutan masa sebesar 50 persen. Di Indonesia, petani lebih sering menggunakan kompos yang berasal dari kotoran ternak.

Perkebunan

Limbah perkebunan yang bisa digunakan sebagai bahan baku kompos adalah tandan kosong kelapa sawit yang merupakan hasil sampingan dari kebun sawit.

Industri

Industri yang tergolong rumah tangga seperti industri pembuatan tahu dan industri kayu menghasilkan hasil sampingan organik yang bisa digunakan sebagai bahan kompos.

 

Loading...
Loading...