Limbah yang Bisa Diolah Menjadi Kompos

Pertanianku — Limbah atau sampah merupakan hasil sampingan yang terkadang sering dianggap sudah tidak berguna. Namun, saat ini sudah banyak limbah yang diolah untuk dijadikan produk yang lebih bernilai ekonomi, salah satunya adalah kompos limbah.

kompos limbah
foto: pertanianku

Membuat kompos dari limbah sudah dilakukan oleh siapa saja. Cara pembuatannya cukup sederhana, bisa Anda simak dalam buku Cara Cepat Buat Kompos dari Limbah. Berikut ini beberapa limbah yang bisa Anda olah menjadi kompos.

Limbah rumah tangga

Sudah bukan hal baru bahwa sampah rumah tangga dapat diolah menjadi kompos. Sudah banyak para pegiat ramah lingkungan yang mengelola sampah organik menjadi kompos. Sampah rumah tangga yang bisa diolah menjadi kompos adalah sisa potongan sayur dan kulit buah-buahan. Namun, tidak semua bisa digunakan sebagai bahan baku kompos limbah.

Limbah perkebunan

Limbah yang dihasilkan dari aktivitas perkebunan bisa digunakan sebagai limbah. Salah satu limbah perkebunan yang terkenal sebagai bahan baku kompos adalah tandan kosong kelapa sawit. Di Indonesia terdapat perkebunan sawit yang cukup besar sehingga limbah tandan kosong ini sangat melimpah. Bahan organik yang bisa didapatkan dari kompos tersebut adalah natrium, fosfat, kalsium, kalium, dan organik.

Gulma

Gulma yang dianggap merugikan tanaman bisa diolah menjadi kompos. Gulma yang bisa diolah menjadi kompos adalah Colopogoinum muconoides dan Centrosema pubences. Kedua jenis gulma tersebut sering ditemukan di perkebunan karet dan daerah dataran tinggi.

Limbah industri

Ada limbah industri yang bisa digunakan sebagai bahan baku kompos. Limbah industri yang digunakan adalah limbah organik yang dapat mencemari lingkungan jika tidak diatasi dengan benar. Misalnya, limbah industri tahu, limbah industri kayu, limbah industri pabrik gula, serta limbah industri pulp dan kertas.

Baca Juga:  Manfaat Unsur Hara Silikon untuk Tanaman Padi

Limbah peternakan

Hewan ternak akan menghasilkan kotoran dalam bentuk padat dan cair. Kotoran tersebut sudah terbukti bisa diolah menjadi kompos, bahkan saat ini hampir seluruh kegiatan perkebunan menggunakan kompos yang terbuat dari limbah peternakan, seperti kotoran kambing dan sapi.

Pengolahan kompos dari sampah bisa menjadi pemasukan tambahan yang sangat bermanfaat serta mampu mengatasi permasalahan sampah yang dapat mencemari lingkungan sekitar. Dalam buku Cara Cepat Buat Kompos dari Limbah membahas berbagai hal mengenai kompos yang terbuat dari limbah. Untuk mendapatkan buku tersebut sebagai referensi usaha, Anda dapat menghubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya.

 


loading...