Lindungi Tanaman Sengon dari Penyakit dengan Cara Ini

Pertanianku — Penyakit telah menjadi momok bagi pekebun karena dapat menyebabkan kualitas kayu yang dihasilkan menurun. Penurunan kualitas kayu sama saja dengan penurunan harga jual kayu. Selain itu, pekebun harus mengeluarkan biaya tambahan untuk mengobati tanaman yang sakit. Penyakit tanaman sengon bisa dicegah melalui beberapa cara berikut.

penyakit tanaman sengon
foto: Pertanianku

Benih yang baik

Pencegahan penyakit bisa dilakukan sejak pemilihan benih. Benih yang baik berasal dari tanaman induk yang sehat juga.

Musnahkan bibit yang terserang penyakit

Biasanya, tidak semua benih yang disemai dapat tumbuh dengan baik. Apabila Anda menemukan bibit yang terlihat terserang penyakit, segera musnahkan bibit dengan memasukkan bibit ke lubang dan ditimbun. Jangan bakar bibit yang terserang penyakit karena pembakaran malah dapat menyebabkan spora cendawan beterbangan dan menyebar ke tanaman lain yang masih sehat.

Lokasi bertanam

Pilihlah lokasi bertanam yang tidak berdekatan dengan kebun sengon yang sudah terserang penyakit. Jangan lupa untuk melakukan monitoring secara intensif. Jangan tinggalkan kebun setelah penanaman tanpa perawatan dan hanya menunggu hasil lima tahun kemudian.

Monitoring

Kegiatan monitoring yang perlu Anda lakukan adalah memantau kondisi tanaman. Apabila ada percabangan yang terserang penyakit, segera potong cabang dan musnahkan dengan cara ditimbun. Sementara itu, bila bagian yang diserang adalah batang utama, bagian tersebut juga perlu dimusnahkan meskipun mengurangi jumlah panen. Batang yang sakit dan dibiarkan begitu saja malah akan menimbulkan kerugian yang lebih besar karena penyakit tersebut menyebar luas.

Terkadang, ditemukan tanaman muda yang berumur kurang dari tiga tahun terserang karat tumor. Kemungkinan penyakit tersebut sudah menyerang tanaman sejak tanaman masih muda, tetapi belum terdeteksi oleh pekebun atau mungkin dibiarkan begitu saja. Oleh karena itu, monitoring untuk tanaman yang berumur 0–3 tahun harus dilakukan secara intensif.

Baca Juga:  Pemeliharaan Rutin Instalasi Hidroponik agar Tidak Cepat Rusak

Menanam varietas unggul

Gunakan varietas unggul seperti Solomon untuk meminimalisir kegagalan akibat serangan penyakit karat tumor.