Lindungi Vanili dari Busuk Batang dengan Ramuan Bumbu Dapur

Pertanianku — Penyakit busuk batang yang menyerang tanaman vanili dapat diketahui melalui gejala-gejala yang timbul. Salah satunya terjadinya perubahan warna batang yang awalnya berwarna hijau segar menjadi cokelat muda, kemudian menjadi hitam dan membusuk. Hingga saat ini penyakit busuk batang vanili masih menjadi momok bagi petani karena tidak ada obat yang dapat memulihkan tanaman yang sudah terserang. Satu-satunya jalan adalah membuang sulur yang terinfeksi.

penyakit busuk batang vanili
foto: Trubus

Penyakit busuk batang disebabkan oleh cendawan Fusarium oxysporum. Sulur yang sudah terinfeksi tidak bisa dipelihara apalagi dijadikan bibit. Itu sebabnya Anda perlu mencari tahu kondisi bibit yang akan dibeli. Pastikan bibit tersebut belum terserang oleh fusarium.

Salah satu kiat pembudidaya melindungi bibit vanili dari fusarium adalah menggunakan ramuan herbal yang terbuat dari bumbu dapur. Bahan-bahan yang digunakan antara lain bawang putih dan bawang merah. Namun, penggunaan ramuan ini tidak boleh berlebihan karena bisa membuat bibit gagal tumbuh.

Bawang merah yang mulai lazim digunakan untuk melindungi tanaman vanili diketahui mengandung hormon pertumbuhan asam indol-3-asetat yang terkenal dengan nama auksin. Sementara itu, bawang putih mengandung alisin dan alin yang efektif mematikan semua jenis patogen.

Cara membuat ramuan herbal dari bumbu dapur cukup sederhana. Berikut ini cara membuat ramuan herbal dari bumbu dapur.

Bahan-bahan:

  • 1 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah

Cara membuat dan menggunakan:

  1. Lumatkan serta campur bawang putih dan bawang merah, lalu tutup rapat semalaman.
  2. Ramuan sudah bisa digunakan keesokan harinya. Waktu yang tepat untuk memberikan ramuan adalah pagi hari dan pemberian perlu dilakukan selama sepekan.

Selain ramuan bumbu dapur, Anda juga bisa mengandalkan cendawan hijau trikoderma yang tergolong cukup mudah dibuat. Trikoderma dapat terbuat dari nasi yang didiamkan sehari semalam.

Baca Juga:  Jenis-Jenis Pohon Penghasil Gaharu

Bahan-bahan:

  • Nasi 1 tangkup
  • Air matang 1 liter

Cara membuat dan menggunakan:

  1. Diamkan nasi sehari semalam.
  2. Siapkan wadah yang bagian dasarnya sudah dialasi dengan daun bambu dan sedikit akar bambu.
  3. Masukkan nasi, tutup, dan diamkan sepekan.
  4. Masukkan nasi yang sudah ditumbuhi cendawan kehijauan dalam seliter air, kocok hingga tercampur.
  5. Semprotkan ke media tanam atau tanah yang akan ditanami bibit.