LIPI Tingkatkan Pertumbuhan Ikan


Pertanianku –  Nanobubble ternyata mampu menghasilkan peningkatan pertumbuhan ikan hingga 40 persen dari bobot biasa. Teknologi terbaru ini merupakan hasil inovasi penelitian dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

LIPI Tingkatkan Pertumbuhan Ikan
republika

Dikutip Jitunews, Selasa, (29/30), “Teknologi nanobubble diperuntukkan untuk bidang perikanan agar mempercepat pertumbuhan ikan sampai 40 persen,” ungkap Hilman Syaiful, Peneliti Balai Pengembangan Instrumentasi LIPI.

Hilman melanjutkan, “Kita aplikasikan juga untuk ikan sidat, kalau pakai air biasa, pertumbuhan ikan tiga bulan hanya mencapai satu kilogram, kalau dengan bubble bisa mencapai 3–4 kg. Selain itu teknologi nanobubble dapat diaplikasikan di berbagai sektor, seperti tanaman, perikanan dan peternakan.”

Cara kerja teknologi nanobubble adalah dengan menginjeksi atau memasukkan gas, baik nitrogen, oksigen maupun ozon ke dalam cairan yang akan menghasilkan gelembung sangat kecil sehingga ikan ini dapat larut ke air. LIPI tahun ini akan mengembangkan teknologi nanobubble, untuk ikan sidat memiliki potensi besar. Harga jual ikan sidat mencapai Rp1,5–2 juta per kilogram jika diekspor ke Jepang.

Air yang mengandung oksigen membuat ikan tidak mudah sakit dan dapat mencegah bakteri-bakteri yang dapat merugikan sehingga pertumbuhan ikan meningkat secara signifikan. “Biasanya kalau pakai aerator biasa, gelembungnya besar-besar akibatnya akan pecah di atas dan oksigen yang terlarut sangat sedikit. Jika dikuantifikasikan paling besar hanya 4 ppm (part per million), sedangkan dengan teknologi nanobubbling bisa 9–11 ppm,” ungkap Hilman.

Selain, untuk pembudidayaan teknologi dengan menggunakan injeksi gas nitrogen ini ternyata mampu mengawetkan ikan sehingga dapat memperlambat pembusukan pada ikan. Untuk pemasangannya, Hilman mengungkapkan, bahwa dengan teknologi ini terbilang murah karena bentuknya yang seperti pompa air biasa dan kebutuhan daya listrik yang sama dengan pompa. Biaya pemasangan untuk kapasitas lima meter kubik per jam hanya mencapai Rp3–5 juta.

Baca Juga:  Jamur Truffle Putih Italia Terjual dengan Harga Fantastis!
loading...
loading...