Lirik Khasiat Bunga Melati Menjadi Obat Herbal

PertaniankuBunga melati identik dengan beberapa upacara keagamaan serta adat budaya. Ternyata, selain bentuknya yang indah serta aromanya yang sangat khas, bunga melati memiliki banyak khasiat jika digunakan menjadi obat herbal. Khasiat bunga hias ini bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit mata merah, demam, menghentikan ASI yang keluar berlebihan, dan bengkak akibat gigitan binatang.

khasiat bunga melati
foto: pixabay

Tanaman perdu ini tumbuh merambat ketika muda dan berakar di buku-buku atau membesar. Bunga tunggal atau berpasangan dengan 7—10 ruas kelopak, panjang 2,5—7 mm, berbulu halus, panjang tabung mahkota 7—15 mm dengan banyak cuping, bundar telur atau lonjong, panjang 8—15 mm, identik dengan warna putih tapi ada juga yang berwarna lain, dan beraroma kuat.

Jika dikonsumsi, bunga memiliki rasa manis, pedas, dan bersifat sejuk. Sementara bagian akarnya, memiliki rasa pedas, manis, bersifat netral, dan agak beracun. Dalam bunga melati mengandung senyawa kimia seperti indole, linalcohol, asetat benzilic, alcohol benzilic, dan jasmin.

Loading...

Jika seluruh senyawa kimia tersebut dimanfaatkan dengan optimal, akan memberikan khasiat yang baik untuk kesehatan. Sudah tradisi turun-temurun bunga hias ini digunakan dalam campuran pada minuman teh.

Teh yang terbuat dari bunga melati bisa berfungsi sebagai afrodisiak alami yang sangat kuat sehingga bisa meningkatkan libido, kekuatan seksual, dan merangsang dorongan seksual. Bahkan, bunga ini bisa digunakan untuk mengobati infertilitas pada wanita dan pria.

Berikut ini cara membuat ramuan herbal dengan bahan dasar bunga melati.

Menurunkan demam

Remas-remas segenggam daun dengan air dan airnya digunakan untuk mengompres dahi seseorang yang sedang demam.

Menghentikan ASI yang keluar berlebihan

Tumbuk segenggam daun hingga halus, lalu tempel di seputar buah dada untuk menghentikan ASI yang keluar, lakukan rutin sebanyak tiga kali sehari.

Baca Juga:  Bugenvil atau Kembang Kertas, Bunga Indah yang Memiliki Khasiat

Mencuci mata dan muka

Rendam bunga dalam air selama beberapa saat. Gunakan air tersebut untuk mencuci mata dan muka agar mata yang memerah cepat mereda.

Bengkak akibat gigitan binatang

Tumbuk halus bunga dan daun melati segar secukupnya. Tempelkan tumbukan bunga di tempat yang sakit akibat gigitan binatang, lakukan secara rutin sebanyak tiga kali sehari.

Loading...
Loading...