Lirik Prospek Beternak Ayam Kampung yang Menjanjikan

Pertanianku — Sudah sejak lama harga ayam kampung lebih mahal dibanding ayam ras. Hal ini karena daging ayam kampung lebih gurih dan kenyal daripada ayam ras. Selain itu, lemak daging ayam kampung juga terbilang lebih rendah. Tak heran, ayam kampung lebih sering direkomendasikan menjadi bahan pangan yang sehat. Faktanya, harga jual ayam kampung pun relatif stabil dibanding ayam broiler yang sangat fluktuatif. Bahkan, permintaannya cenderung meningkat sehingga prospek beternak ayam kampung cukup menjanjikan.

prospek beternak ayam kampung
foto: pertanianku

Keuntungan beternak ayam kampung yang menggiurkan terlihat dari beberapa fakta. Pertama, banyak peternak ayam ras yang mulai beralih untuk menernakkan ayam kampung. Kedua, banyak peternak ayam kampung yang baru muncul, skala usahanya sangat beragam, ada yang skala kecil hingga skala besar. Ketiga, permintaannya selalu meningkat setiap tahunnya. Keempat, mulai muncul bibit ayam kampung unggulan.

Hal tersebut menunjukkan bahwa beternak ayam kampung sudah sangat menjanjikan. Biasanya ayam kampung hanya dipelihara oleh masyarakat desa dengan cara dibiarkan di halaman. Ayam akan mencari makanan sendiri atau hanya diberi makanan berupa nasi atau beras, lalu pada malam hari ayam masuk ke kandang. Kini sudah saatnya masyarakat memulai sesuatu yang lebih besar dengan memelihara ayam kampung untuk skala komersial.

Loading...

Ayam kampung yang diternakkan dalam skala besar akan mendapatkan perlakuan yang hampir sama seperti ayam broiler. Ayam akan diberikan vaksin serta vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Ayam dipelihara di dalam kandang agar tidak mudah terserang penyakit serta pakan yang dikonsumsi lebih terkontrol karena pakan diberikan oleh peternak.

Tentunya sebelum memulai usaha tersebut Anda harus membekali diri dengan informasi dan ilmu tentang cara beternak ayam kampung yang tepat. Hal ini bertujuan untuk menghindarkan Anda dari kerugian akibat gagal beternak. Salah satu referensi penting untuk beternak ayam kampung adalah buku Semua Bisa Beternak Ayam Kampung terbitan Penebar Swadaya.

Baca Juga:  Ayam Buras Sudah Ada Sejak Zaman Kerajaan Kutai

Buku ini menyajikan berbagai informasi yang dikemas dalam bentuk gambar, baik foto maupun ilustrasi menarik (infografis) mengenai ternak ayam kampung. Seluruh informasi yang dimuat dalam buku tersebut akan sangat memudahkan Anda untuk memahami tata cara beternak ayam kampung yang benar. Mulai dari pemilihan bibit hingga penanganan pascapanen dan pemasaran.

Dalam bisnis peternakan ayam kampung ini Anda bisa mengambil satu segmen dari beberapa segmen yang ada, seperti DOC, telur tetas, ayam pullet, dan ayam pedaging. Tidak ada yang sulit jika ilmu sudah Anda miliki. Dengan begitu, beternak ayam kampung bisa menjadi peluang yang sangat menggiurkan dan bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk Anda.

 

 

Loading...
Loading...