Lirik Prospek Bisnis Pohon Gaharu yang Menggiurkan

Pertanianku — Manfaat gaharu sudah digunakan oleh orang zaman dahulu dan hingga kini eksistensi manfaat pohon gaharu masih terus bertahan, bahkan cenderung meningkat. Hal inilah yang membuat prospek bisnis pohon gaharu cukup menjanjikan. Pasalnya, permintaan pohon gaharu selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya.

prospek bisnis pohon gaharu
foto: pertanianku

Semua bagian pohon gaharu bisa dimanfaatkan dan bernilai ekonomi sehingga tak heran jika prospek bisnis gaharu sebenarnya cukup luas. Anda bisa mulai belajar dan mendapatkan banyak informasi mengenai pohon gaharu dalam buku Gaharu yang diterbitkan oleh Penebar Swadaya. Dalam buku tersebut, mengupas tuntas tentang pohon gaharu mulai dari cara menanam hingga penanganan pascapanen.

Pada dasarnya ada beberapa alasan mengapa prospek bisnis pohon gaharu bisa menggiurkan selain permintaan yang tak pernah ada matinya. Simak ulasan berikut.

Loading...

Produk bernilai jual

Produk pohon gaharu bernilai jual tinggi dan masih banyak diburu oleh orang, baik yang berasal dari produsen ataupun langsung pedagang. Di pasaran, produk gaharu selalu memiliki nilai jual yang tinggi. Hal ini disebabkan permintaan yang terus meningkat tidak sebanding dengan persediaan yang semakin berkurang karena keberadaan di alam kian berkurang dan masih sedikit orang yang membudidayakannya.

Banyak diminati

Sudah sejak lama gaharu diminati oleh bangsawan dan hingga kini pohon gaharu sudah bisa dinikmati oleh seluruh kalangan. Kandungan wanginya membuat gaharu sangat khas dan menjadi daya tarik dari pohon gaharu. Selain itu, hal menarik lainnya dari pohon gaharu adalah peminatnya yang berasal dari kalangan kelas atas yang berasal dari berbagai belahan dunia.

Padahal, tidak semua negara bisa menghasilkan pohon gaharu karena permasalahan cuaca dan iklim. Oleh karena itu, penyerapan ekonomi gaharu tak hanya menjanjikan di dalam negeri. Namun, juga menjanjikan jika dijual di pasar global.

Baca Juga:  Hama Pohon Kayu Manis yang Harus Diwaspadai

Harga yang mahal

Nilai pohon gaharu yang tinggi disebabkan oleh kelangkaan pohon sehingga sulit untuk didapat, padahal kebutuhan pohon ini cukup tinggi. Selain itu, yang membuat mahal pohon gaharu adalah negara-negara yang mempunyai nilai mata uang yang tinggi dibanding rupiah. Jika dijual kepada negara-negara tersebut, keuntungan yang bisa Anda dapatkan sangat menjanjikan.

Pasarnya jelas

Peminat komoditas ini sudah terbentuk sejak ratusan tahun yang lalu sehingga penyerapan gaharu sudah sangat jelas. Gaharu laku jika dipasarkan di pasar domestik ataupun di pasar global dengan tujuan negara-negara Timur Tengah.

Loading...
Loading...