Lokasi Budidaya Sidat yang Strategis

Pertanianku— Penentuan lokasi yang tepat merupakan bagian penting yang harus Anda lakukan sebelum memulai budidaya. Pemilihan lokasi berkolerasi terhadap teknik dan teknologi budidaya yang akan digunakan dalam budidaya. Oleh karena itu, Anda tidak boleh sembarangan ketika menentukannya. Untuk mendapatkan lokasi budidaya sidat yang tepat, sebaiknya perhatikan beberapa faktor di bawah ini.

budidaya sidat
foto: Trubus

Faktor teknis

Faktor teknis meliputi ketinggian lahan, terbuka dan cukup sinar matahari, kebutuhan lahan, ketersediaan sumber air, ketersediaan benih, serta akses untuk mendapatkan sarana produksi perikanan seperti pakan dan bahan disinfektan.

Budidaya sidat dapat berjalan optimal dilakukan di ketinggian 0–1.100 m dpl dengan curah hujan sedang dan bersuhu sekitar 23–29C. Budidaya bisa dilakukan di kaki gunung hingga di daerah perkotaan.

Namun, budidaya sidat di perkotaan memiliki kelemahan berupa persediaan air yang kurang terjamin, baik dari kuantitas maupun kualitas. Kondisi tersebut membuat Anda harus menggunakan teknologi tambahan agar air yang digunakan dapat menjadi media yang baik untuk sidat.

Faktor nonteknis

Tak selamanya pemilihan lokasi hanya berpatokan pada faktor teknis. Anda juga harus memperhatikan faktor nonteknis, seperti aspek sosial dan keamanan, legalitas, kondisi jalan dan transportasi, aspek teknis dan tenaga kerja, dukungan masyarakat sekitar, serta kolam dan spesifikasinya.

Meski tidak krusial, faktor nonteknis dapat berperan terhadap keberhasilan usaha budidaya. Aspek sosial yang dimaksud dalam faktor nonteknis adalah kondisi masyarakat di sekitar lokasi. Misalnya, bila di lokasi tersebut masyarakatnya merupakan pengangguran dan tingkat kriminalitas tinggi, daerah tersebut tidak representatif menjadi lokasi budidaya.

Faktor kimia, fisika, dan biologi

Saat menentukan lokasi budidaya, sebaiknya Anda sudah lebih dahulu mengenal sifat dan karakter sidat. Pengetahuan tersebut sangat berguna untuk menentukan lokasi dengan kondisi kimia, fisika, dan biologi yang sesuai dengan karakter sidat.

Baca Juga:  Kebiasaan Lele di Habitat Aslinya

Seluruh faktor-faktor tersebut diulas tuntas di dalam buku Kupas Tuntas Budidaya Sidat yang diterbitkan oleh Penebar Swadaya. Buku ini bisa menjadi panduan untuk memulai usaha budidaya sidat. Anda bisa mendapatkan buku Kupas Tuntas Budidaya Sidat di Tokopedia dan Shopee Penebar Swadaya.