Lokasi Ideal untuk Kandang Ternak Sapi

Pertanianku Lokasi kandang sapi sebenarnya dapat memengaruhi kelancaran usaha ternak. Penentuannya harus ditentukan dari jenis usaha yang akan dilakukan oleh peternak. Misalnya, usaha pembibitan dan usaha pembesaran membutuhkan lokasi kandang ternak yang ideal. Begitu juga dengan rencana pengembangan usaha, lokasi yang dipilih harus benar-benar diperhatikan.

lokasi kandang sapi
foto: pertanianku

Ada beberapa pertimbangan saat Anda ingin menentukan lokasi kandang ternak sapi. Berikut ini beberapa kriteria yang bisa digunakan saat memilih lokasi kandang.

Dekat sumber pakan

Loading...

Kandang yang berada dekat dengan sumber pakan alami seperti persawahan, perladangan, atau perkebunan. Seluruh sektor pertanian tersebut biasanya menghasilkan limbah yang bisa digunakan sebagai bahan pakan alternatif yang murah dan bergizi. Limbah yang paling sering dijadikan pakan ternak adalah jerami dan dedak.

Memanfaatkan pepohonan

Pembangunan kandang sebaiknya jangan sampai merusak atau menghilangkan fungsi dari pepohonan. Keberadaan pepohonan di sekitar area peternakan bisa dimanfaatkan sebagai wind break atau pemecah angin. Selain itu, pohon bisa berfungsi sebagai pembatas serta penyaring bau, debu, dan suara bising dari jalanan. Oleh karena itu, pohon tersebut tidak perlu ditebang. Anda hanya perlu menyesuaikan letak kandang dengan posisi kandang tersebut.

Lahan terbuka

Jika Anda memilih sistem penggemukan pasture fattening atau sistem gembalaan, Anda membutuhkan area lahan terbuka yang cukup luas untuk menggembalakan sapi. Selain itu, perhatikan juga kondisi sumber pakan di area tersebut, apakah tersedia atau tidak bisa menyediakan hijauan yang dibutuhkan oleh sapi.

Tanahnya landai

Tanah pada lokasi peternakan sebaiknya memiliki permukaan landai. Permukaan yang landai dapat memberikan Anda kemudahan saat ingin membangun kandang dan proses transportasi seluruh kebutuhan kandang, seperti keluar masuk kendaraan yang mengangkut hewan ternak ataupun kebutuhan ternak.

Baca Juga:  Vaksin Herbal untuk Ayam Buras

Jauh dari perumahan, industri, dan pertambangan

Kandang ternak sebaiknya terletak jauh dari pemukiman agar tidak mengganggu penghuni sekitar karena bau peternakan yang bisa terbawa oleh angin. Selain itu, limbah kandang juga bisa mengganggu kenyaman warga sekitar. Anda bisa membangun tembok setinggi 3 meter sebagai peredam angin yang bisa mengembuskan bau kandang.

Loading...
Loading...