Lokasi Kandang Ayam Broiler yang Strategis

Pertanianku Lokasi kandang ayam broiler dapat memengaruhi proses peternakan berjalan dengan lancar. Ada banyak faktor dalam aktivitas peternakan yang dipengaruhi oleh lokasi kandang ayam. Oleh karena itu, sebaiknya perhitungkan dengan matang lokasi yang akan digunakan.

lokasi kandang ayam broiler
foto: pertanianku

Lokasi kandang peternakan ayam broiler sebaiknya strategis dan dekat dengan tempat pemasaran. Selain itu, lokasi yang dipilih harus bisa membuat ayam yang dipelihara serta pekerja nyaman. Dengan begitu, kandang bisa menjadi lebih produktif.

Lahan yang kurang produktif seperti tegalan, lahan kering, atau sawah tadah hujan juga bagus digunakan untuk membangun kandang ayam broiler. Asalkan jumlah air yang tersedia cukup untuk menjalani usaha peternakan.

Loading...

Sumber air yang digunakan sebaiknya berkualitas, baik dari segi fisik, biologis, maupun kimia. Jika sumber air tersendat, pertumbuhan ayam menjadi terhambat, bahkan bisa menurun. Oleh karena itu, perhatikan juga kondisi sumber air di lokasi yang akan dipilih. Berikut ini beberapa kriteria untuk lokasi kandang ayam broiler yang dinilai strategis digunakan.

Jauh dari pemukiman penduduk

Sebenarnya, jarak ideal antara kandang dan pemukiman warga adalah 10 km. Namun, pada saat ini pemukiman sudah terlalu padat sehingga banyak kandang yang berdekatan dengan kandang. Bahkan, di Tasikmalaya banyak perumahan penduduk yang berlokasi 100 m dari kandang ternak ayam. Sebenarnya, hal ini tidak apa-apa asalkan penduduk sudah terbiasa dengan aktivitas kandang.

Jauh dari lokasi peternakan yang lain

Lokasi kandang ayam broiler sebaiknya jauh dari lokasi peternakan yang lain agar tidak menyebabkan gangguan di lingkungan karena banyaknya aktivitas perkandangan. Minimal jarak antarkandang ternak yang lain sekitar 0,5—1 km.

Mudah mendapatkan saran penunjang

Untuk mengoperasikan kandang, Anda membutuhkan pasokan listrik, minyak tanah, dan gas. Pastikan lokasi kandang cukup mudah untuk mendapatkan pasokan tersebut agar aktivitas di dalam kandang tidak terhambat.

Baca Juga:  Sarana dan Prasarana Kandang Domba yang Harus Ada

Fasilitas jalannya bagus

Jalan menuju kandang akan sering dilalui oleh truk atau mobil besar yang bermuatan hingga 8 ton. Pastikan akses jalan tersebut mampu digunakan oleh truk atau mobil pick up.

Tanah lapang

Lahan yang digunakan sebaiknya merupakan tanah lapang yang tidak memiliki gedung atau pohon. Hal ini karena bisa mengganggu aliran udara di sekitar kandang.

 

 

 

 

Loading...
Loading...