Lokasi Strategis yang Bagus untuk Beternak Ayam

Pertanianku— Lokasi menjadi salah satu faktor yang bisa memengaruhi kelancaran usaha serta besar kecilnya pemasukan yang akan didapatkan. Oleh karena itu, peternak yang sudah cukup lama berkecimpung dalam dunia peternakan pasti sangat serius menentukan lokasi beternak ayam. Berikut ini beberapa lokasi strategis yang sangat bagus untuk digunakan beternak ayam.

beternak ayam
foto: Pertanianku

Lokasi yang berdekatan dengan perusahaan pembibitan

Pembibitan ayam ras pedaging ataupun petelur sudah cukup banyak tersebar di berbagai provinsi. Namun, masih ada beberapa provinsi yang belum memiliki usaha pembibitan sehingga peternak kesulitan mendapatkan pasokan bibit. Kondisi tersebut semakin diperparah ketika jarak lokasi cukup jauh dan sarana transportasi yang tersedia sangat terbatas, seperti di daerah NTT, Maluku, dan Papua.

Harga bibit di lokasi yang belum terdapat usaha pembibitan biasanya cukup tinggi sehingga membuat biaya produksi semakin tinggi pula, akibatnya harga jual ayam juga bisa lebih tinggi. Namun, ada ada beberapa perusahaan yang sudah menetapkan kebijakan harga yang sama untuk berbagai wilayah.

Sementara itu, jika kandang berada di dekat lokasi pembibitan, peternak bisa mendapatkan bibit ayam dengan harga yang lebih murah dan proses transportasi bibit tidak sulit dilakukan. Jadi, lokasi tersebut dikatakan strategis karena dapat memudahkan peternak.

Lokasi dekat dari pabrik pakan

Pakan merupakan kebutuhan utama yang harus dipenuhi setiap hari karena berkaitan langsung dengan perkembangan ternak. Penentuan lokasi beternak ayam juga harus mempertimbangkan ketersediaan bahan baku. Sama halnya dengan bibit ayam, jika pakan sulit didapatkan, kemungkinan besar biaya pakan yang dikeluarkan akan lebih besar.

Ada beberapa provinsi yang menjadi lokasi bagi pabrik pakan ayam, di antaranya Sumatera Utara, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, dan Banten.

Baca Juga:  Kriteria Kandang Itik yang Ideal

Jika lokasi kandang tidak berdekatan dengan pabrik pakan, pastikan di lokasi tersebut tersedia berbagai jenis tumbuhan atau bahan pakan alternatif lainnya yang bisa digunakan sebagai pakan. Peternak bisa menggunakan bahan-bahan alternatif tersebut untuk mengatasi kelangkaan pakan dan menghemat biaya pakan.