Lokasi yang Bagus untuk Budidaya Jagung Manis

Pertanianku — Pembudidaya harus mengetahui lokasi yang tepat untuk memulai budidaya jagung manis karena hal tersebut berkaitan dengan produktivitas tanaman. Lahan yang sesuai untuk budidaya jagung harus dipersiapkan dengan baik agar tercipta kondisi lingkungan yang sesuai dengan pertumbuhan tanaman. Dengan begitu, tanaman jagung manis dapat tumbuh optimal.

budidaya jagung manis
foto: Unsplash

Umumnya, jagung manis dapat tumbuh di dataran rendah hingga dataran tinggi dengan ketinggian 0—1.500 m dpl.

Jagung manis dapat beradaptasi dengan iklim di Indonesia. Lahan yang bagus digunakan untuk budidaya jagung manis adalah lahan kering dengan pengairan yang cukup, tadah hujan, terasering, gambut yang sudah diperbaiki, dan sawah bekas menanam padi.

Tanaman dapat tumbuh baik di lahan terbuka yang tidak memiliki nuangan sehingga tanaman bisa mendapatkan sinar matahari minimal 8 jam per hari. Selain itu, jenis tanah yang disukai adalah gembur atau remah dan subur. Sistem drainase di lahan tersebut harus berjalan dengan baik, pH tanah sekitar 5,5—7, dan cukup air.

Jagung manis ideal ditanam di lahan bekas penanaman sayuran seperti cabai dan tomat. Budidaya tomat dan cabai yang dilakukan pada lahan tersebut biasanya dilakukan sangat intensif sehingga masih tersisa unsur hara setelah proses panen. Sisa hara tersebut dapat dimanfaatkan untuk budidaya jagung manis.

Jagung manis memerlukan perlakuan isolasi terhadap pertanaman jagung lainnya, baik itu jagung pakan, ketan, maupun jagung manis yang mengandung gen berbeda. Isolasi tersebut bertujuan mencegah kontaminasi atau percampuran serbuk sari serta menjaga kualitas penampilan dan rasa jagung manis.

Isolasi tersebut dilakukan dengan jarak minimal 200 m atau isolasi waktu minimal 25 hari waktu tanam. Posisi budidaya jagung manis harus lebih dekat dengan arah datangnya mata angin. Hal ini sangat berguna mencegah masuknya benda asing dari kebun lain ke lokasi budidaya jagung manis.

Baca Juga:  Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menanam Mangga

Lokasi jagung manis muda tidak disarankan berdekatan dengan jagung manis lainnya yang sudah lebih dulu ditanam. Hal ini karena jagung manis yang masih muda lebih rentan terserang penyakit bulai.