Lokasi yang Cocok untuk Menanam Anggur Akademik

Pertanianku Anggur akademik cocok ditanam di dataran rendah dengan ketinggian 0—300 mdpl dengan tipe iklim kering. Anggur membutuhkan intensitas hujan yang tidak begitu tinggi karena udara yang lembap bisa membuat tanaman mudah terkena penyakit dan pertumbuhannya terhambat. Curah hujan yang dibutuhkan sekitar 1.000—2.000 mm/tahun.

anggur akademik
foto: Toko Trubus

Tanaman anggur tidak menyukai kondisi berkabut karena bisa memicu munculnya penyakit cendawan daun. Oleh karena itu, anggur tidak bisa ditanam di dataran menengah hingga tinggi.

Jenis tanah yang bisa digunakan untuk menanam anggur akademik adalah tanah lempung berpasir agar sistem drainase dan aerasi di dalam tanah bisa berjalan lancar. Kondisi media tanam ini sangat dibutuhkan oleh tanaman anggur karena sangat rentan terhadap genangan air.

Derajat keasaman tanah (pH) yang dibutuhkan adalah netral, berkisar 6—7. Tanah yang bagus digunakan adalah tanah yang mengandung kapur sekitar 50—70 persen.

Lokasi yang dipilih untuk menanam anggur harus terbebas dari naungan atau di area terbuka. Anggur akademik bisa dijadikan tabulampot atau ditanam di lahan. Tanaman anggur harus diberikan tiang panjatan ataupun para-para agar pertumbuhan tanaman terlihat lebih bagus.

Media tanam yang bisa digunakan untuk menanam anggur di dalam pot adalah bokashi, tanah, dan sekam bakar. Bokashi merupakan pupuk yang terbuat dari kotoran kambing, jerami, batang pohon pisang, sekam bakar, molasses, dan bakteri EM4. Bokashi ini bisa Anda buat sendiri atau beli di toko pertanian terdekat.

Sementara itu, anggur yang ditanam di lahan harus dibuatkan parit atau bedengan. Parit tersebut berfungsi membuat sistem drainase di kebun berjalan dengan lancar sehingga tidak ada genangan air yang menutupi permukaan media tanam. Namun, Anda juga bisa mengatasi genangan dengan bedengan yang dibuat lebih tinggi dari permukaan air. Anda cukup pilih salah satunya saja, tidak perlu membuat keduanya.

Baca Juga:  Langkah Mudah Menanam Lobak Organik di Pot

Anggur akademik termasuk tanaman buah yang cukup adaptif jika lokasi yang dipilih sudah sesuai dengan kriteria tadi. Merawat tanaman anggur ini tidak begitu susah, Anda bisa mendapatkan bibit tanaman anggur ini di toko pertanian tepercaya, seperti Toko Trubus.