Lokasi yang Cocok untuk Menanam Bawang Bombai

Pertanianku — Bawang bombai (Allium ceva) merupakan herba biennial atau tanaman dua musim yang bisa dibudidayakan sebagai tanaman annual atau semusim. Bawang bombai masih satu garis keturunan dengan bawang merah. Hanya saja bawang ini tidak terlalu mencolok, kecuali pada bagian bentuk dan aromanya. Menanam bawang bombai tidak begitu sulit selama Anda melakukannya di lokasi yang sesuai.

menanam bawang bombai
foto: pixabay

Berikut ini kriteria lokasi yang cocok untuk menanam bawang bombai.

Curah hujan, tingkat kelembapan, dan suhu udara

Tanaman bawang bombai tumbuh di daerah yang memiliki curah hujan merata sepanjang tahun dan termasuk tanaman yang memerlukan penyinaran matahari cukup panjang, kira-kira lebih dari 4 jam per hari. Apabila terlalu pendek atau berada di tempat yang teduh atau terlindung sehingga tidak cukup mendapat penyinaran matahari, hasil produksinya rendah, rasanya agak tawar, dan tidak tahan disimpan lama.

Itu sebabnya bawang bombai lebih menyukai daerah dengan udara yang sejuk. Suhu udara yang baik untuk pertumbuhan tanaman 18–20 C. Pada suhu udara yang lebih rendah 1–1,5C, bawang bombai masih mampu membentuk bunga. Kondisi udara dengan kelembapan relatif berkisar 80–90 persen (cukup lembap) sangat baik untuk pertumbuhan tanaman bawang bombai.

Ketinggian tempat

Ketinggian optimum yang cocok untuk budidaya bawang bombai adalah kurang lebih 1.500 m dpl, dengan cahaya matahari yang cukup, dan pH tanah 5,5–6,5.

Jenis tanah

Tanah yang cocok untuk tanaman bawang bombai adalah tanah yang subur, banyak humus, dan gembur. Tanah hendaknya bersifat mudah meneruskan air sehingga tidak mudah becek dan memadat. Jenis tanah yang paling baik adalah tanah lempung berpasir atau lempung berdebu, yakni tanah yang memiliki perbandingan seimbang antara fraksi liat, pasir, dan debu.

Baca Juga:  Keunggulan si Cantik Bunga Garbera Manika Agrihorti

Tanaman ini mempunyai akar serabut dengan daun berbentuk silinder berongga. Umbi bawang bombai terbentuk dari pangkal daun yang bersatu dan membentuk batang yang berubah bentuk dan fungsi, membesar, dan membentuk umbi berlapis. Umbi bawang bombai terbentuk dari lapisan-lapisan daun yang membesar dan bersatu.