Lokasi yang Cocok untuk Menanam Bawang Merah

Pertanianku — Sebelum memutuskan untuk menanam bawang merah, Anda harus mengetahui lokasi menanam bawang merah yang tepat. Hal ini merupakan langkah pertama yang sangat penting dan tidak bisa dilewati.

lokasi menanam bawang merah
foto: pertanianku

Saat ingin menanam tanaman, baik itu sayuran, buah, maupun tanaman hias, Anda harus menyesuaikan lokasinya terlebih dahulu. Tanaman bisa tumbuh subur di daerah yang sudah memenuhi syarat tumbuhnya. Jika lokasi yang digunakan tidak sesuai dengan syarat tumbuh, tanaman tidak akan bisa tumbuh dengan baik.

Lokasi menanam bawang merah yang baik adalah di dataran rendah. Hal ini karena pertumbuhan umbi bawang merah membutuhkan suhu tinggi. Suhu yang dibutuhkan oleh umbi bawang merah sekitar 23—32°C. Jika suhu berada di bawah 23°C, tanaman hanya bisa menghasilkan sedikit umbi, bahkan tidak bisa berumbi sama sekali.

Suhu tinggi tersebut lebih mudah didapatkan di dataran rendah dan pada musim kemarau. Jika bawang merah ditanam saat musim hujan, suhu cenderung lebih rendah dan tanaman sangat rentan terkena serangan penyakit.

Tanah yang tergenang air juga bisa menyebabkan umbi bawang merah membusuk sehingga tidak bisa digunakan. Petani bawang merah biasanya akan menggunakan plastik mulsa untuk melindungi benih bawang merah yang bermutu ketika memasuki musim hujan.

Bawang merah sangat membutuhkan sinar matahari sebanyak 100 persen. Semakin lama penyinaran matahari, pertumbuhan tanaman semakin baik. Ini alasannya penanaman bawang merah lebih baik dilakukan pada musim kemarau.

Tanah yang cocok digunakan untuk menanam bawang merah adalah tanah lempung berpasir, geluh berpasir, remah, tidak mudah tergenang air, gembur, subur, dan banyak mengandung bahan organik.

Derajat keasaman tanah yang dibutuhkan sekitar 6—7. Jika pH tanah kurang dari 6, Anda harus melakukan pengapuran terlebih dahulu. Sementara itu, jika pH tanah lebih dari 7, Anda perlu memberikan pupuk kandang dan tepung belerang atau kliserit.

Baca Juga:  Langkah Mudah Merawat Pohon Lengkeng Matalada

Karena bawang merah membutuhkan sinar matahari yang banyak, lakukan penanaman bawang merah di area terbuka yang terbebas dari naungan gedung atau pohon.

 

 

 


loading...