Lokasi yang Cocok untuk Menanam Durian Musang King

Pertanianku— Sampai saat ini harga durian musang king masih terbilang cukup mahal. Satu buah segar durian musang king harganya bisa mencapai Rp600.000, tergantung pada kualitas buah dan berat buah itu sendiri. Tingginya harga durian ini membuat berkebun durian musang king menjadi prospek usaha yang menjanjikan.

durian musang king
foto: Pertanianku

Salah satu penyebab harga musang king tinggi adalah jumlah pemasok yang terbatas, sedangkan permintaannya tinggi. Padahal, durian musang king cukup mudah dirawat di Indonesia karena memiliki kondisi iklim yang hampir sama seperti Malaysia, negara asal musang king. Saat ini sudah banyak toko bibit yang menjual bibit durian musang king yang berkualitas seperti Toko Trubus.

Durian dapat tumbuh subur di dataran rendah hingga ketinggian 700 mdpl. Durian membutuhkan bulan kering atau kemarau selama dua bulan untuk proses pembentukan bunga. Bunga tersebut itulah yang menjadi cikal bakal pembentukan buah durian. Curah hujan yang dibutuhkan oleh pohon durian sekitar 1.000—3.000 mm/tahun.

Curah hujan yang dibutuhkan memang tergolong cukup tinggi, tetapi jangan lebih dari 3.000 mm/tahun karena bisa mengakibatkan kelembapan meningkat. Tingkat kelembapan yang tinggi dapat menyebabkan tanaman mudah terserang oleh hama dan penyakit. Selain itu, rasa buahnya menjadi tidak manis dan cenderung hambar.

Jenis tanah yang cocok untuk menanam durian adalah tanah lempung berpasir dan mengandung banyak bahan organik. Derajat keasaman (pH) yang dibutuhkan standar seperti pohon buah pada umumnya, yaitu 6—7.

Setelah Anda menemukan lokasi yang sesuai dengan kriteria di atas, langkah selanjutnya adalah memerhatikan kondisi daerah tersebut karena ada lahan yang baik dan lahan yang kurang baik. Lahan yang kurang baik biasanya ditandai dengan adanya pohon yang tidak tumbuh ketika ditanam di lahan tersebut atau lahan tersebut merupakan lahan liar.

Baca Juga:  Ragam Ramuan Herbal Mentimun untuk Mengatasi Berbagai Penyakit

Jika lahan tersebut kondisinya kurang baik, sebaiknya Anda berikan pupuk kompos, antihama, antijamur, dan kapur dolomit terlebih dahulu agar bisa digunakan untuk menanam musang king. Semua bahan tersebut diberikan dua minggu sebelum lubang tanam digunakan.

Untuk mendapatkan bibit durian musang king berkualitas, Anda bisa langsung mengunjungi Toko Trubus terdekat di kota Anda. Toko Trubus menyediakan bibit durian musang king berkualitas. Tersedia pula berbagai keperluan bercocok tanam, mulai dari bibit dan benih tanaman, pupuk dan pestisida, hingga perlengkapan berkebun lainnya.

Selain mengunjungi Toko Trubus, Anda juga mendapatkan keperluan bertanam secara online melalui www.tokotrubus.co.id. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi WhatsApp admin Toko Trubus.